25 Cara Menghemat Uang Untuk Milenial Agar Tidak Boncos Di Tanggal Tua

cara hemat uang

Cara menghemat uang sebenarnya sangat banyak dan mudah sekali untuk dilakukan, tinggal seberapa konsistenkah anda mau menjalankannya. Sebab pepatah mengatakan “hemat pangkal kaya” artinya perilaku hidup hemat akan mendatangkan keuntungan di kemudian hari yaitu kekayaan.

Benarkah demikian? tentu saja benar, minimal keuntungan yang didapat kemudian hari adalah keuangan boncos lagi begitu mendekati tanggal tua. Bahkan bisa ada kelebihan jika anda benar-benar jeli dan cermat dalam melakukan penghematan.

Kebiasaan hidup hemat memang perlu untuk terus dilatih dan dibiasakan, terutama untuk anda para milenial muda. Sudah saatnya membiasakan hidup hemat sejak dini agar masa depan bisa mendapatkan keuntungan berlimpah tanpa takut boncos lagi.

Berikut ini adalah 25 cara menghemat uang yang bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk anda para milenial agar keuangan tidak boncos lagi di tanggal tua.

#1 Buat Rencana Belanja

Membuat rencana belanja di awal bulan ketika baru menerima gaji merupakan langkah awal yang bisa dicoba untuk memulai menghemat uang. Buatlah daftar kebutuhan pokok yang benar-benar penting sebelum berbelanja ke mall atau super market.

Dengan cara ini pengeluaran keuangan akan lebih mudah untuk dipantau dan direncanakan, baru jika ada kelebihan anggaran dari rencana belanja bisa untuk di tabung.

#2 Menunda Pembelian Barang

Terkadang gaya hidup akan terus memaksa anda untuk membeli barang kebutuhan yang sedang tren saat ini. Meskipun barang tersebut bukanlah barang pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Jika anda memang berniat untuk mulai hidup hemat maka tundalah pembelian barang yang dimaksud, sembari bersabar mencari tambahan dana atau uang untuk membeli barang tersebut.

#3 Menggunakan Kupon Diskon

Menggunakan kupon diskon untuk belanja bisa membantu berhemat agar tidak boncos di tanggal tua. Anda bisa mengumpulkan kupon-kupon diskon biasanya saat berbelanja secara online. Semacam kode promo belanja dan giveaway berupa potongan atau diskon bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran.

#4 Rajin Puasa

Bagi anda yang muslim mungkin bisa membiasakan puasa sunnah selain untuk bertujuan sebagai ibadah juga bisa digunakan sebagai sarana menghemat pengeluaran terutama konsumsi. Rajin puasa juga dapat menyehatkan badan, dan membantu metabolisme tubuh. Maka bagi anda para milenial rajin-rajinlah berpuasa agar badan tetap terjaga kesehatannya.

#5 Membuka Tabungan

Membuka tabungan khusus sebagai sarana menghemat pengeluaran keuangan merupakan langkah yang tepat. Anda dapat menyisihkan jumlah uang yang akan ditabung pada saat awal bulan ketika baru menerima gaji atau diakhir bulan menggunakan sisa uang belanja kebutuhan sehari-hari. Bukalah rekening tabungan yang tidak terlalu banyak potongan atau biaya administrasinya.

#6 Buat Celengan Untuk Uang Receh

Uang kembalian belanja terkadang berbentuk receh, sekilas memang terlihat tidak ada harganya apalagi jika pecahan uang receh tersebut bernilai 200, atau 500 rupiah saja. Akan tetapi jika berjumlah banyak justru akan menguntungkan anda, karena bisa digunakan disaat sedang membutuhkan uang atau ketika kondisi dompet semakin menipis. Maka dari itu sediakan celengan untuk uang receh sisa kembalian belanja, bisa dengan memanfaatkan botol bekas air minum mineral.

#7 Hindari Pembelian Mendadak

Sebisa mungkin anda harus menghindari pembelian barang kebutuhan apapun secara mendadak, karena pembelian mendadak sama saja dengan pengeluaran mendadak yang tidak direncanakan terlebih dahulu. Pastikan pengeluaran  keuangan sesuai dengan anggaran dan rencana belanja yang telah dibuat sebelumnya. Dengan cara tersebut anda akan bisa menghemat uang dengan mudah.

#8 Berhenti Merokok

Bagi para milenial kaum adam jika ingin menghemat uang dengan cara yang mudah berhentilah merokok. Selain tidak berguna sama sekali, merokok dapat merusak kesehatan anda. Disamping itu harga rokok yang terus naik tentu akan menggerus keuangan anda secara perlahan. Berhenti merokok sekarang juga merupakan cara menghemat uang paling mudah untuk dilakukan.

#9 Berhenti Langganan TV Kabel

Saat ini informasi bisa diakses kapan saja dan dimana saja, terlebih dengan kemajuan teknologi yang ada. Bagi anda yang masih mengandalkan televisi sebagai sarana untuk memperoleh informasi, sudah saatnya untuk beralih. Saat ini informasi secara online melalui jaringan internet lebih cepat update daripada televisi konvensional. Jadi untuk memulai menghemat uang bisa anda lakukan dengan cara berhenti berlangganan TV kabel. Gunakan paket data internet di HP anda agar dapat menghemat keuangan.

#10 Bawa Bekal Dari Rumah

Bagi anda yang berkerja di perkantoran bisa merubah strategi makan siang saat jam istirahat tiba. Jika biasanya harus membeli makan siang di kantin atau warung dekat kantor, bisa diubah dengan cara membawa bekal makan siang dari rumah. Cara ini cukup sederhana, akan tetapi akan memberi dampak yang besar jika anda memang serius akan menjalani hidup hemat.

#11 Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah sesuatu yang berharga, dengan tubuh yang sehat kita semua dapat beraktivitas dan bekerja. Oleh karena itu jagalah kesehatan untuk memulai gaya hidup hemat. Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, selain makan makanan yang bergizi imbangi juga dengan olahraga rutin agar kondisi tubuh tetap fit dan prima.

#12 Mencari Penghasilan Tambahan

Jangan salah, mencari penghasilan tambahan juga bisa menjadi solusi untuk menerapkan hidup hemat. Karena dengna adanya penghasilan tambahan, jumlah uang yang bisa ditabung akan bertambah. Jika anda ingin mencari penghasilan tambahan pastikan anda mencari pekerjaan yang tidak berbenturan dengan pekerjaan utama anda dna bisa dilakukan di waktu luang serta santai.

#13 Belanja Dengan Uang Tunai

Hentikan menggunakan kartu kredit atau kartu debet ketika belanja, gunakan uang tunai sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan agar anda lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran dan menekan keinginan hanya terbatas pada kebutuhan sehari-hari yang penting. Menggunakan kartu kredit atau kartu debet selain susah mengontrol keinginan juga ada biaya administrasinya.

#14 Buat Target Pengeluaran Selama Seminggu

Menekan pengeluaran seminimal mungkin dalam jangka waktu tertentu dapat menjadi jalan sukses bergaya hidup hemat. Anda bisa mencoba membuat target pengeluaran keuangan selama seminggu untuk memulainya, lakukanlah dengan konsisten dan penuh tanggung jawab. Misalkan, jika ternyata pengeluaran melebihi target yang anda buat, anda harus bisa menerima konsekuensinya dengan mengganti uang yang terpakai dari sumber penghasilan lainnya. Sehingga jumlah uang yang akan ditabung tidak berkurang sedikitpun.

#15 Beli Barang Bekas Pakai

Membeli barang perlengkapan sehari-hari tidak harus dalam kondisi baru, anda bisa membeli barang bekas pakai untuk menghemat pengeluaran. Misalkan untuk keperluan memasak di dapur, belilah peralatan memasak yang masih bisa digunakan dan kondisinya masih bagus meskipun barang tersebut bekas dipakai orang lain. Demikian juga dengan peralatan elektronik belilah bekas pakai namun kondisinya masih bagus.

#16 Perbandingan Harga Sebelum Membeli

Melakukan peebandingan harga dengan mencari barang termurah untuk dibeli bisa dilakukan jika anda memang berniat untuk bergaya hidup hemat dan irit. Info harga bisa didapat secara online atau dengan cara membandingkan harga melalui brosur harga yang dibagikan oleh supermarket. Memang butuh kesabaran ekstra untuk melakukannya, akan tetapi jika niat untuk hidup hemat sudah kuat hal ini tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan.

#17 Gunakan Angkutan Umum

Bagi anda kaum milenial yang suka menggunakan kendaraan roda 4 milik pribadi untuk berangkat kerja, sekali-kali bolehlah mencaoba menggunakan angkutan umum. Terlebih lagi bagi anda yang akan menerapkan pola hidup hemat, menggunakan angkutan umum dapat menekan pembelian bahan bakar. Sehingga ada kelebihan uang yang bisa ditabung.

#18 Ikut Investasi

Investasi merupakan cara menghemat uang paling manjur, sebab investasi sejatinya adalah kegiatan memutar modal untuk diambil keuntungannya di masa yang akan datang. Banyak sekali instrumen investasi yang bisa diikuti oleh anda. Salah satu instrumen investasi yang menawarkan keuntungan maksimal adalah Zirka. Sebuah platform investasi properti berbasis crowdfunding terpercaya.

#19 Menghargai Waktu

Hargai waktu dengan kegiatan dan aktivitas-aktivitas positif agar waktu yang anda miliki tidak terbuang percuma. dengan menghargai waktu anda bisa melatih bergaya hidup hemat, sebab waktu yang dimiliki akan digunakan semaksimal mungkin. Bisa dengan bekerja atau melakukan pekerjaan lain guna mendapatkan penghasilan tambahan. Menghargai waktu juga akan menguntungkan bagi anda dari perbuatan tidak berguna dan boros.

#20 Libatkan Orang Terdekat

Agar gaya hidup hemat yang akan anda jalani tidak terasa berat, anda bisa melibatkan orang terdekat untuk bersama-sama melakukannya. Misalkan dengan mengajak pasangan hidup anda atau sahabat karib anda agar mau bersama-sama bergaya hidup hemat. Langkah ini akan sangat berguna jika anda sudah merasa lelah dan bosa untuk melakukan gaya hidup hemat.

#21 Rajin Memotivasi Diri

Kehialngan semangat untuk melanjutkan kebiasaan berhidup hemat adalah sesuatu yang wajar terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk bisa memotivasi diri sendiri agar semangat untk dapat hidup hemat bsia datang kembali. Caranya cukup mudah bisa dengan cara membaca artikel tentang pentingnya hidup hemat. Atau dengan cara menonton video inspirasi hidup hemat.

#22 Buat Evaluasi Pengeluaran

Audit pengeluaran perlu dilakukan untuk mengevaluasi apakah pengeluaran keuangan saat ini sudah sesuai dengan anggarang yang dibuat sebelumnya. Evaluasi pengeluaran juga diperlukan untuk menentukan kembali mana barang kebutuhan yang memang sangat dibutuhkan dan tidak. Sehingga anda bisa menghilangkan list barang kebutuhan tersebut di anggaran pengeluan mendatang agar lebih hemat lagi.

#23 Rajin Sedekah

Jangan lupa sisihkan penghasilan atau gaji anda untuk memberikan sedekah kepada yang membutuhkan. Sedekah dapat membersihkan harta dan mengundang rizki lebih banyak lagi sehingga penting untuk dilakukan. Hendaknya aktivitas bersedekah juga bisa menjadi kebiasaan positif bagi anda yang punya keinginan kelancaran rizkinya.

#24 Rajin Olahraga

Salah satu jalan yang sering dipandang sebelah mata oleh para milenial agar bisa hidup hemat adalah olahraga secara teratur. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab malas untuk berolahraga, bagi anda yang ingin hidup hemat olahraga harus dipaksakan untuk dilakukan. Karena dengan olahraga badan lebih fit dan kesehatan bisa terjaga serta tidak mudah sakit.

#25 Selalu Bersyukur

Terakhir, yang perlu dilakukan oleh para milenial agar mampu untuk menjalankan hidup hemat adalah selalu bersyukur atas segala apa yang sudah dimiliki dan didapatkan sampai hari ini. Bersyukur akan mendatangkan sikap qonaah atau merasa tercukupi,sikap ini sangat penting dimiliki oleh siapa saja agar mampu untuk bisa hidup hemat.

You May Also Like

About the Author: abahzaki

Content Writer, Copywriter, UX Writer, dan semoga semua artikel tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: