5 Cara Menabung Yang Benar Untuk Masa Depan Lebih Cerah

cara menabung yang benar

Cara menabung yang benar penting untuk diketahui dan wajib dikerjakan oleh anda yang sedang mempunyai program menabung untuk masa depan agar lebih cerah. Kegiatan menabung memang harus dibiasakan sedini mungkin, agar menjadi kebiasaan positif serta melatih untuk tidak hidup boros.

Kebiasaan menabung yang benar juga akan memberikan anda banyak keuntungan di masa depan. Menabung secara rutin dan teratur akan membuat hidup anda menjadi lebih makmur di masa depan. Akan membuat anda bertambah kaya dengan tabungan yang anda miliki.

Sayangnya masih banyak orang yang enggan untuk menabung dengan berbagai macam alasannya. Banyak hal yang menjadikan orang menjadi enggan menabung, akan tetapi faktor utamanya biasanya disebabkan kesalahan menabung di masa lalu. Sehingga kesalahan tersebut membuat trauma dan memberikan anggapan bahwa menabung itu susah untuk dilakukan, serta membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Lantas bagaimana kiat agar menabung bisa mendatangkan kemakmuran dan kekayaan di masa mendatang? Berikut ini adalah cara menabung yang benar untuk acuan menggapai masa depan yang lebih cerah.

Cara Menabung Yang Benar

#1 Tetapkan Tujuan Diawal

Agar menjadi terbiasa dan bersemangat dalam menabung, ada baiknya anda terlebih dahulu menetapkan tujuan atau target yang hendak diraih. Pikirkan dan bayangkan baik-baik kira-kira apa yang anda inginkan untuk diraih dengan cara menabung.

Misalnya akan membeli motor atau mobil baru. membeli lahan untuk membangun rumah sebagai tempat tinggal orang-orang tercinta, untuk biaya umroh dan haji ke tanah suci, dan lainnya. Jadi jika anda belum memiliki tujuan menabung itu untuk apa, tentukan terlebih dahulu dari sekarang agar anda menjadi lebih bersamangat menabung.

#2 Buat Jadwal Menabung

Menabung merupakan pekerjaan yang berat untuk dilakukan, terlebih jika anda baru pertama kali melakukannya. Tapi lain jika menabung sudah merupakan kebiasaan rutin, justru akan terasa menyenangkan sekali untuk dikerjakan. Jika anda ingin menanamkan kebiasaan menabung mulailah dengan membuat jadwal menabung terlebih dahulu.

Selanjutnya, anda harus disiplin mengikuti jadwal menabung yang sudah dibuat. Dengan disiplin tersebut maka akan terbentuk kebiasaan yang akan meringankan anda untuk menabung kapan saja. Jadwal menabung yang anda buat bisa mengikuti jadwal gajian atau dibuat fleksible sesuai kebiasaan anda.

#3 Otomasi Tabungan

Cara berikutnya yang bisa anda ikuti adalah dengan melakukan otomasi tabungan anda. Maksudnya adalah membuat uang yang akan ditabung otomatis masuk ke rekening tabungan milik pribadi. Di dunia perbankan hal ini dinamakan dengan fitur auto debet.

Dengan menggunakan fitur menabung otomatis ini anda bisa memindahkan sejumlah uang dari gaji anda secara otomatis ke rekening tabungan pribadi anda. Kelebihan melakukan otomasi ini adalah anda tidak perlu repot menarik uang terlebih dahulu untuk ditabung. Selain itu, anda tidak perlu memikirkan lagi berapa jumlah uang yang hendak ditabung karena akan di setor otomatis sesuai dengan permintaan anda diawal.

#4 Tidak Harus Berjumlah Besar

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan oleh orang yang ingin menabung adalah menunggu uang terkumpul dalam jumlah besar terlebih dahulu. Padahal inti dari menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untuk dikumpulkan dan digunakan di masa mendatang.

Jadi, berapapun jumlah kelebihan nominal uang yang anda miliki, langsung saja ditabung. Meskipun itu dalam bentuk recehan, anda bisa menggunakan celengan koin atau dari botol bekas air mineral sebagai tempat untuk menampung uang receh milik anda.

#5 Berhenti Langganan Yang Tidak Perlu

Poin ke 5 ini menjadi sangat penting jika anda ingin menabung dengan benar, sebab sesuatu yang tidak perlu hanya akan menyebabkan pemborosan saja. Berhenti berlangganan layanan musik, berita, game atau bahkan televisi kabel bisa menambah nominal uang yang akan anda tabung.

Di era teknologi seperti sekarang ini memang layanan-layanan berbasis teknologi yang disediakan cukup menggiurkan untuk dicoba. Akibatnya jika kita tidak terlalu jeli memilih layanan yang tapat dan benar-benar dibutuhkan hanya akan mengakibatkan pemborosan saja.

Diatas adalah beberapa cara menabung yang bisa anda coba sebagai acuan untuk membangun kebiasaan menabung. Sebenarnya ada satu lagi cara menabung yang benar dimana cara ini biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki insting berbisnis cukup tajam. Apa itu?

Investasi

Sebenarnya investasi merupakan kegiatan menabung untuk diambil keuntungannya di masa mendatang. Hanya saja pada investasi uang atau modal anda tidak disimpan dan didiamkan begitu saja, melainkan digunakan untuk menjalankan bisnis tertentu. Jika anda melakukan investasi pada bisnis apapun itu, maka anda akan disebut sebagai investor.

Banyak sekali instrumen investasi yang saat ini bisa ditemui dan digunakan sebagai sarana memutar uang atau modal. Salah satu instrumennya adalah investasi properti dengan objek bisnis tentu saja tidak jauh-jauh dari dunia properti.

Seperti sudah kita ketahui bersama, banyak sekali keuntungan melakukan investasi properti salah satunya adalah sifat dari properti yang cenderung memiliki harga naik dari tahun ketahun. Sehingga harga properti yang kita beli saat ini bisa naik saat kita jual kembali di masa mendatang.

Salah satu instrumen investasi properti yang bisa anda coba dan menawarkan keuntungan maksimal untuk anda adalah Zirka. Sebuah instrumen investasi properti berbasis crowdfunding dengan sistem bagi hasil keuntungan. Anda bisa mencoba platform investasi properti ini dengan mengklik tautan https://zirka.id dan melakukan registrasi.

 

You May Also Like

About the Author: abahzaki

Content Writer, Copywriter, UX Writer, dan semoga semua artikel tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: