5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda

cara mudah mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan – Apakah anda pernah mengalami kesulitan mengatur pengeluaran keuangan terutama mendekati akhir-akhir bulan. Padahal jika dilihat jumlah gaji dari pekerjaan yang anda geluti termasuk besar, akan tetapi mengapa mendekati akhir bulan kondisi keuangan terasa sangat seret dan sulit.

Terutama bagi anda yang masih berusia muda dan belum berkeluarga, pasti pernah mengalami saat-saat tersebut menjelang akhir bulan tiba. Sebenarnya masalah tersebut adalah masalah sepele yang menandakan anda salah dalam mengatur keuangan.

Hal tersebut bisa segera diatasi dengan cara bersegera mengatur keuangan terutama mengatur pengeluaran setiap bulannya. Agar kondisi keuangan anda senantiasa sehat mulai awal bulan sampai akhir bulan.

Lantas bagaimana cara mudah mengatur keuangan terutama untuk para anak muda, berikut ini adalah tips praktis yang bisa anda ikuti. Sengaja saya rangkumkan untuk anda semua dari beberapa sumber terpercaya untuk mempermudah anda mengatur keuangan.

Baca Juga : 25 Cara Menghemat Uang Untuk Milenial Agar Tidak Boncos Di Tanggal Tua

Cara Mengatur Keuangan

#1 Buat Anggaran Pengeluaran

Salah satu kunci sukses dalam mengatur keuangan adalah disiplin kepada komitmen diri sendiri. Komitmen tersebut bisa dibuat pada awal bulan atau saat menerima gaji. Bentuk komitmen bermacam-macam bisa dengan komitmen mengikuti anggaran pengeluaran selama sebulan. Bisa juga membuat komitmen dengan jumlah maksimal uang yang harus dibelanjakan tiap bulannya.

Cara termudah bagi pemula agar bisa disiplin tentu saja dengan membuat anggaran pengeluaran selama satu bulan penuh. Anda bisa memulainya dengan membuat list kebutuhan pokok terlebih dahulu, baru setelah list tersebut selesai hitung berapa pengeluaran yang dibutuhkan.

Jika ternyata pengeluaran pada list yang sudah anda buat tersebut jumlahnya terlalu besar, anda bisa menyaring kembali item-item yang bukan termasuk kebutuhan pokok dan tidak benar-benar dibutuhkan. Sehingga hanya tersisa kebutuhan pokok yang memang anda butuhkan untuk bertahan hidup selama sebualan.

#2 Siapkan Dana Darurat

Dana darurat perlu untuk disiapkan sejak awal untuk mengantisipasi pengeluaran selain yang sudah dianggarkan. Sebagai contoh: membeli kado untuk pesta pernikahan teman, berobat ke dokter jika sakit, dan yang lainnya. Sebisa mungkin anda harus menyiapkan dana darurat ini, sebab jika tidak disiapkan diawal akan menghambat anda dalam mengatur keuangan.

Jika memang diperlukan siapkan rekening khusus untuk menyimpan dana darurat yang akan anda sisihkan. Berapa besar ideal dana darurat untuk disisihkan? hal ini tentu saja berbeda antara orang yang masih lajang dengan yang sudah berkeluarga.

Bagi anda yang masih lajang bisa menyisihkan 10% dari total gaji yang anda terima setiap bulannya untuk ditabung sebagai dana darurat. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga bisa menyisihkan 20% dari total gaji untuk ditabung tiap bulannya.

#3 Sisihkan Untuk Tabungan

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan cara memaksimalkan tabungan sebagai sarana menyimpan uang untuk kebutuhan masa depan. Anda bisa menyisihkan sekitar 20% dari total gaji yang anda terima setiap bulan untuk tabungan.

Aktivitas menabung akan menguntungkan di masa depan jika dilakukan secara disiplin, mungkin sebagian dari anda yang tidak terbiasa menabung akan merasa kesulitan diawalnya. Karena sering lupa atau uang yang akan ditabung sudah keburu habis duluan.

Hal ini bisa diatasi dengan cara menabung otomatis, yaitu menyisihkan gaji yang masuk ke rekening anda secara otomatis ke rekening khusus tabungan. Fitur ini dinamakan dengan fitur autodebet, anda bisa berkonsultasi dengan customer service bank yang anda gunakan jika ingin mengaktifkan fitur ini.

Baca Juga : 5 Cara Menabung Yang Benar Untuk Masa Depan Lebih Cerah

#4 Investasi

Cara Mengatur Keuangan Dengan Investasi

Berinvestasi tidak harus menunggu anda kaya atau tua terlebih dahulu, sebaliknya investasi sangat direkomendasikan untuk dilakukan sejak usia muda. Seorang investor atau pemilik modal, sejatinya sedang menyimpan uangnya untuk kepentingan dimasa depan. Dimana modal tersebut tidak mengendap dan diam begitu saja, tetapi digunakan untuk kegiatan bisnis lainnya dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga dalam selang beberapa waktu modal yang diinvestasikan akan bertambah seiring dengan pendapatan bisnis. Tentu saja investasi lebih menarik daripada kegiatan menabung biasa, karena menawarkan tantangan dan menjanjikan keuntungan berlipat-lipat.

Salah satu jenis investasi yang banyak dilirik oleh para investor karena menawarkan keuntungan maksimal adalah investasi properti. Selain mudah untuk diikuti investasi dibidang properti juga merupakan jenis investasi rendah resiko yang cocok untuk diikuti oleh para investor pemula.

Bagi anda yang ingin mencoba investasi di sektor properti ini anda bisa mencoba instrumen investasi berbasis crowdfunding. Silahkan buka halaman Zirka sebagai platform penyedia investasi berbasis crowdfunding properti. Zirka menawarkan keuntungan berupa sistem bagi hasil di akhir masa investasi dengan nilai lumayan besar, yaitu sebesar 25%.

Selain itu modal per slot yang bisa diikuti oleh investor juga sangat terjangkau hanya sebesar satu juta rupiah saja. Jadi siapa saja bisa menjadi seorang investor di Zirka, terlebih lagi bagi anda yang masih berusia muda dengan gaya hidup dinamis.

Informasi lebih lanjut tentang Zirka silahkan klik tautan https://zirka.id atau bisa menghubungi customer service Zirka di nomor telepon 0812-3455-009

Baca Juga : Apa Itu Crowdfunding Properti? Tak Kenal Maka Tak Sayang

#5 Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan merupakan solusi terbaik bagi anak muda untuk mengatur keuangan agar lebih lancar. Anda bisa mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama anda saat ini. Memang anda harus mau mengorbankan waktu luang untuk mencari penghasilan tambahan ini.

Agar tidak membosankan anda bisa mencari penghasilan tambahan sesuai dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi anda. Sebagai contoh anda hobi memancing, silahkan buka bisnis dengan membuka toko perlengkapan pancing.

Dengan cara itu selain hobi bisa disalurkan dengan tepat, pekerjaan sampingan juga akan semakin terasa mudah serta mengasyikkan untuk dikerjakan.

Penutup

Mengatur keuangan memang penting untuk dilakukan untuk memanajemen pengeluaran setiap bulannya. Akan tetapi yang perlu diingat adalah pada gaji yang anda terima setiap bulan juga ada hak bagi mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyisihkan sebagian gaji yang anda terima untuk bersedekah kepada yang membutuhkan. Sebab, sedekah bisa membersihkan harta dan membuat hidup anda menjadi lebih tenang. Semoga sukses.

You May Also Like

About the Author: abahzaki

Content Writer, Copywriter, UX Writer, dan semoga semua artikel tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: