6 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Tubuh

Buah plum merpakan buah yang bisa dibilang kurang populer untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, padahal buah ini memiliki banyak manfaat. Buah plum merupakan buah yang lebih banyak dibudidayakan di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Buah plum ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Plum mengandung vitamin A,C,B1, B2,B3, B6,B9, B12,K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng. Kandungan vitamin dan mineral ini menjadikan buah plum mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Kami akan menjelaskan kepada kalian mengenai sejumlah manfaat buah plum bagi kesehatan. Simak artikel ini hingga tuntas.

Manfaat Buah Plum

#1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah ini memiliki manfaat untuk mencegah sembelit karena memiliki serat dan juga bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Serat yang ada pada buah plum menyediakan makanan bagi bakteri baik di usus besar sehingga jumlahnya bisa terjaga.

#2. Membantu Menyerap Zat Besi

Buah plum hitam bisa membantu penyerapan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia, menjaga sel dalam tubuh , kulit, kuku, dan rambut. Kandungan vitamin C dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh, maka mineral lain seperti zat besi juga harus diserap tubuh tanpa halangan. Oleh karena itu , kalian harus mengkonsumsi buah plum untuk mendapatkan manfaat vitamin C.

#2. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Buah plum juga bisa menjaga kesehatan kulit. Buah plm memberikan nutrisi yang tepat karena kandungan vitamin dan mineralnya. Konsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan membuat kulit memproduksi kolagen dan menjaga tingkat keelastisannya.

Mengkonsumsi buah plum juga membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti-penuaan. Ekstrak pada buah plum juga bisa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

#3. Baik untuk Perkembangan Janin

Dengan mengkonsumsi 2-3 buah plum semingg sekali selama kehamilan adalah sesuatu yang baik. Setiap ibu hamil bisa menambahkan buah plum untuk diet pada asupan hariannya. Konsumsi buah plum secara teratur akan membuah janin semakin sehat dan mengurangi resiko yang terkait dengan penyakit bawaan. Buah plum juga dapat menangkal berbagai infeksi selama kehamilan.

#4. Mencegah Osteoporosis

Buah plum mengandung flavonoid seperti asam caffeic yang dapat membantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Kandungan polifenol dan kalium yang ada dalam buah plum kering mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Mengkonsumsi buah plm secara teratur juga bisa membantu pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan.

#5. Mengatasi Obesitas

Mengkonsumsi buah plum bisa membantu dalam melawan sindrom metabolik karena senyawa bioaktif di dalamnya. Flavonoid dan komponen fenolik seperti antosianin , asam klorogenat, kuersetin, dan katekin yang ada di dalam buah plum bisa memberikan efek antiobesitas dan antiiflamasi pada sel, termasuk sel-sel lemak.

Kandungan yang ada di buah plum jga membant dalam mencegah masalah terkait obesitas seperti gangguan kolesterol, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Buat kalian yang sedang menjalani program melangsingkan tubuh, dapatkan manfaat buah plum merah untuk diet dengan mengkonsumsinya secara rutin.

#6. Menjaga Sistem Saraf

Buah plum mengandung mineral penting seperti zat besi dan tembaga yang membantu dalam pembentukan seldarah merah dan membuat sirkulasi darah yang sehat. Kandungan tembaga yang ada di buah plum bekerja sebagai antioksidan dan sangan penting untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga membantu dalam penyerapan zat besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis.

Demikianlah manfaat buah plum bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: