Apa Itu Crowdfunding Properti? Tak Kenal Maka Tak Sayang

crowdfunding properti feature

Crowdfunding Properti merupakan istilah baru yang ikut meramaikan dunia bisnis properti. Terlahir seiring dengan kemajuan teknologi, crowdfunding properti merupakan solusi terbaik bisnis properti masa kini. Muncul dari perkembangan Financial Technology (Fintech) crowdfunding menjadi tren pilihan untuk mengembangkan bisnis.

Di sektor properti sendiri, banyak para pengembang properti dihadapkan pada masalah permodalan untuk mengerjakan proyek properti. Terutama pemula, sehingga konsep crowdfunding yang memiliki arti urun dana atau patungan dana ini bisa dijadikan sebagai solusi.

Bisa dilihat kebelakang beberapa tahun yang lalu bisnis properti khususnya investasi properti hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit saja. Saat ini siapa saja bisa menjadi pemodal atau investor properti, tidak peduli tua, muda, banyak modal atau modal pas-pasan. Semua bisa menjadi investor di bidang properti berkat adanya crowdfunding properti.

Demikian juga dengan keuntungan yang ditawarkan, banyak pebisnis tergiur untuk segera merasakannya sebab dengan modal terjangkau, patungan dana untuk mengerjakan proyek properti memberikan keuntungan maksimal.

Sebenarnya apa pengertian dari istilah crowdfunding properti itu sendiri?, bagaimana cara kerjanya?, apa keuntungannya?, dan bagaimana cara memulainya? Artikel ini akan mengupasnya secara detail.

Pengertian Crowdfunding Properti

Baca Juga : Investasi Properti di Malang Modal Terjangkau Cek Zirka Saja

Crowdfunding Properti adalah layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi untuk pembangunan proyek di sektor properti. Agar lebih mudah untuk memahaminya, boleh juga crowdfunding properti diartikan sebagai patungan dana untuk membangun properti dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Praktek crowdfunding sendiri sejak lama sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan startup luar negeri untuk mewujudkan ide kreatif mereka menjadi sebuah produk. Contohnya adalah kickstarter sebuah startup crowdfunding yang ada di Broklyn Amerika Serikat. Kickstarter memberikan layanan crowdfunding secara online bagi para pemilik ide kreatif untuk merealisasikan ide mereka kedalam sebuah proyek.

Di Indonesia sendiri crowdfunding sudah memiliki payung hukum sejak diterbitkannya regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding).

Jadi setiap perusahaan yang akan membuka layanan urun dana pada sektor properti atau crowdfunding properti diharuskan mengikuti aturan-aturan tersebut.

Cara Kerja Crowdfunding Properti

Baca Juga : Investasi Properti Gaya Milenial Modal 1 Juta, Simak Caranya

cara-kerja-crowdfunding-properti
Cara kerja crowdfunding properti

Layanan urun dana pada sektor properti di Indonesia biasanya berbentuk sebuah platform investasi properti. Yaitu sebuah platform digital online yang dioperasikan oleh perusahaan untuk mengumpulkan modal dari para investor secara online guna mengerjakan sebuah proyek properti.

Platform investasi properti tersebut biasanya berbentuk aplikasi website dan aplikasi mobile yang bisa dibuka dan digunakan oleh siapa saja. Platform tersebut akan menampilkan (mengkampanyekan) sebuah proyek properti yang akan dikerjakan oleh developer properti. Informasi tentang proyek properti akan ditampilkan secara detail baik itu jumlah modal yang dibutuhkan beserta analisa dan simulasi perhitungan keuntungan.

Kampanye yang ditampilkan tersebut akan menarik perhatian para calon investor untuk menanam modal yang dimilikinya. Biasanya kampanye proyek properti akan ditampilkan selama 30 hari. Jika selama 30 hari modal yang terkumpul belum sesuai dengan jumlah modal yang dibutuhkan akan dilakukan perpanjangan masa kampanye.

Jika modal sudah terkumpul, maka pihak developer akan memulai pembangunan proyek properti. Pembagian keuntungan antara investor dan developer hanya bisa dilakukan jika proyek properti sudah selesai dikerjakan dan terjual atau dioperasikan untuk menghasilkan keuntungan.

Apa keuntungan ikut Crowdfunding Properti Bagi Investor?

keuntungan ikut crowdfunding properti
keuntungan ikut crowdfunding properti

#1 Modal Terjangkau

Baca Juga : Investasi Properti Tanpa Modal Besar? Ini Dia Caranya

Biasanya sistem urun dana menawarkan saham dengan harga yang sangat terjangkau sekali. Bahkan ada operator crowdfunding properti yang menawarkan harga satu juta rupiah saja per slot sahamnya.

Dengan demikian siapa saja bisa mengikuti aktivitas investasi di sektor properti tanpa harus menunggu memiliki uang banyak dan modal berlimpah. Modal terjangkau yang ditawarkan juga diharapkan bisa semakin membuat pasar properti menjadi lebih bergairah. Sehingga perputaran dan pertumbuhan ekonomi bisa semakin maju.

#2 Keuntungan Maksimal

Skema bagi hasil yang ditawarkan antara developer dan investor menjadikan urun dana properti dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Rata-rata laba yang ditawarkan antara 20%-25% per tahunnya tergantung dari jenis proek properti yang dikerjakan.

#3 Mudah Untuk diikuti

Dapat diakses secara online kapan saja dan dimana membuat urun dana properti menjadi lebih mudah untuk digunakan. Semua proses transaksi bisa dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun. Sehingga kegiatan investasi bisa berjalan dinamis tanpa perlu repot harus datang ke kantor untuk bertemu.

#4 Nilai Investasi Properti Terus Naik

Stabilnya nilai jual properti menjadikan investasi properti merupakan pilihan bijak untuk memulai bisnis properti. Kecenderungan harga yang terus naik juga bisa dioptimalkan dalam skema crowdfunding yang menguntungkan.

Cara Memulai Investasi Properti

Sekarang telah hadir platform investasi properti dengan menggunakan skema crowdfunding dan sistem bagi hasil untuk keuntungannya. Platform investasi properti tersebut adalah Zirka yang bisa diakses langsung dialamat https://zirka.id.

Baca Juga : Investasi Properti Online Terpercaya, Zirka Tempatnya!

Bagi anda yang ingin mencoba memulai bisnis properti bisa memilih Zirka sebagai langkah awal untuk mengenal dunia properti. Didesain semudah mungkin untuk digunakan oleh investor Zirka menyediakan layanan urun dana properti berbasis aplikasi website dan mobile.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Customer Service Zirka di nomor +62 8 12345 5009 atau melalui e-mail ke assist@zirka.id

You May Also Like

About the Author: abahzaki

Content Writer, Copywriter, UX Writer, dan semoga semua artikel tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: