Atap Bitumen, Kokoh dan Banyak Pilihan Warna!

Ada banyak jenis atap yang bisa kamu pilih untuk membangun rumah impian. Kamu bisa memilih atap berdasarkan material, bentuk, atau menyesuaikan dengan konsep hunian yang sedang dibangun. Saat ini yang sedang trend adalah atap bitumen. Atap ini memiliki keunggulan, salah satunya adalah pilihan warna yang beragam.

Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan dari atap Bitumen ini. Mau tahu? Yuk, disimak berikut ini keunggulan dari Bitumen! Untuk mengetahui selengkapnya, simak artikel di bawah ini, yuk!

Pengertian Atap Bitumen

Atap Bitumen adalah jenis atap yang dibuat dari material aspal dan dikombinasikan dengan material lain, seperti kaca fiber, alga coating, serta aspal batu. Ada banyak jenis atap bitumen yang dijual dipasaran. Pertama, bitumen flat yang dibuat dari bahan utama berupa kaca fiber, pasir batu, dan alga coating. Kedua, bitumen gelombang yang dibuat dari bahan utama berupa aspal dan serat selulosa. Ada juga bitumen tile yang dibuat dari material utama aspal dan serat selulosa.

Keunggulan Atap Bitumen

#1 Usia Penggunaan Panjang

Jangka waktu penggunaan atap ini cukup lama. Adanya lapisan aspal pada material atap bitumen membuat usia pakainya meningkat hingga berpuluh-puluh tahun. Bitumen ini memiliki garansi hingga 30 tahun lamanya. Tak ayal, jika bangunan-bangunan kokoh maupun rumah gedongan menggunakan atap ini untuk memberikan rasa aman yang terbaik.

#2 Ringan dan Daya Tahan Tinggi

Bitumen ini ringan meskipun terbuat dari campuran aspal. Ini alasannya kenapa banyak rumah modern yang menggunakan rangka atap baja menggunakan bitumen untuk penutup atapnya. Selain itu atap ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Atap ini tahan akan api, air, bahkan angin topan yang kencang. Kekuatan tersebut akan sangat menguntungkan dari sisi operasional, terlebih meski Indonesia beriklim tropis, namun cenderung memiliki cuaca ekstrim.

#3 Anti Korosi

Kualitas genteng bitumen juga tak seperti genteng metal apalagi seng yang sangat rawan rusak karena korosi. Lagi-lagi, keunggulan ini hadir karena campuran bahan pembuat bitumen yang sangat baik. Dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, Anda tak perlu khawatir bitumen akan cepat rusak diterjang hujan dan panas berulang kali.

Kekurangan Atap Bitumen

#1 Mahal

Harga bitumen cenderung lebih mahal dibandingkan dengan atap lainnya. Meskipun harga atap ini cenderung lebih mahal, namun hal tersebut sepadan dengan kualitasnya yang sangat baik dan difungsikan untuk jangka panjang.

#2 Membutuhkan Penyesuaian

Pemasangan atap ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, tidak semua tukang bangunan mampu memasang bitumen secara rapi agar memiliki usia pakai yang panjang.  Disarankan untuk memasang atap ini dengan orang yang andal dan sudah terlatih dalam instalasi atap.

#3 Butuh Perlengkapan Instalasi Banyak

Pada proses pemasangan atap ini membutuhkan sedikit ubahan konstruksi atap. Jadi tidak serta merta “plug n play”. Supaya mempermudah pemasangan instalasi, sebaiknya disiapkan multipleks baru dengan bahan khusus yang sesuai dengan bitumen.

#4 Biaya Perawatan Tinggi

Proses perawatan bitumen ini cukup mahal sama seperti harganya. Sebab, biaya perbaikan bitumen di rumah memerlukan biaya yang cukup mahal, sekalipun cukup menyita waktu. Kamu juga perlu memanggil tukang khusus apabila terjadi kerusakan pada bitumen.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: