Bahaya! Usir Ngengat dari Rumahmu Pakai Cara Ini!

Usir Ngengat – Ngengat adalah serangga yang berhubungan dekat dengan kupu-kupu dan kedua-duanya termasuk ke dalam Ordo Lepidoptera. Kebanyakan spesies ngengat aktif pada malam hari, namun ada juga yang berkeliaran sejak petang pagi, siang, hingga petang. Sarang ngengat sebenarnya berada di mana-mana, salah satunya rumah.

Ngengat memang tidak berbahaya, tapi ngengat suka menggerogoti berbagai perabotan rumah secara perlahan, terutama yang terbuat dari bahan serat alami, seperti kayu dan tekstil. Ngengat bisa menyerang rumah siapa saja. Apalagi, populasi ngengat dari waktu ke waktu diperkirakan bisa berlipat ganda.

Nah, kami memiliki tips cara usir ngengat ampuh yang bersarang di rumah. Dijamin ampuh dan cepat! Simak sampai habis, ya!

#1 Jeruk Nipis

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa jeruk nipis bisa mengusir ngengat. Ternyata jeruk nipis ini ampuh untuk mengusir berbagai jenis serangga dari rumah. Cara mengaplikasikannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mengoleskan perabotan rumah tangga yang menjadi incaran ngengat dengan air jeruk nipis. Khusus untuk perabotan dari baja atau besi, jeruk nipis tidak hanya menghindarkannya dari serangan ngengat. Tidak hanya untuk mengusir ngengat saja, jeruk ini ini juga bisa mencegah munculnya karat.

#2 Rutin Membersihkan Karpet

Kamu harus rutin membersihkan setiap karpet di rumah menggunakan vacuum cleaner. Karena bisa jadi karpet yang ada di rumahmu menjadi sarang bagi para ngengat sebelum menyerang ke tempat lain. Tidak hanya terhindar dari serangan ngengat dan serangga lainnya, tapi berbagai kuman penyakit dari debu karpet pun akan ikut pergi.

#3 Kapur Barus

Banyak orang yang mengira bahwa kapur barus ini berfungsi sebagai pengharum di tempat-tempat yang lembap, seperti di dalam lemari ataupun kamar mandi. Padahal, kapur barus punya fungsi lain yaitu bisa digunakan untuk mengusir ngengat.

Ngengat tidak menyukai aroma dari kapur barus. Oleh karena itu, menyebarkan kapur barus di area-area rumah yang rentan dihinggapi ngengat, khususnya di tempat-tempat lembap dapat menjadi cara jitu untuk mengusir serangga yang satu ini.

#4 Menyejukkan Ruangan

Ngengat menyukai ruangan yang lembab. Maka, kamu harus membuat ruangan di rumahmu tetap terasa sejuk dengan menggunakan AC atau air conditioner. Dengan begitu. ngengat akan pergi dari rumahmu.

Kamu juga harus memperhatikan tingkat kelembabannya. Terutama saat mematikan AC karena akan ada perubahan suhu yang berpotensi membuat ruangan malah jadi lembap. Untuk berjaga-jaga, gunakan juga dehumidifier yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan di dalam ruangan.

#5 Gunakan Plastik untuk Melindungi Pakaian di Lemari

Ngengat suka memakan pakaian. Yang pertama mencari incaran ngengat adalah pakaian di lemari. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tentu ada cara untuk mencegah ataupun mengusirnya. Kamu bisa mencegah kedatangan ngengat dengan memasukkan pakaian ke dalam plastik sebelum menggantungkannya di dalam lemari. Hal ini akan membuat ngengat malas untuk hinggap di pakaianmu dan akhirnya memilih pergi dari hunianmu.

#6 Lavender

Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma bunga levender, termasuk juga ngengat. Jadi, jangan tunggu sampai berbagai barang dan perabotan rumah tangga kamu rusak digerogoti ngengat. Mulai dari sekarang, cegah kehadiran ngengat dengan menyiapkan pewangi lavender di tempat-tempat yang kemungkinan diserang ngengat. Kamu juga bisa meletakkan pewangi lavender di setiap sudut ruangan. Dengan demikian, selain ngengat enggan datang, rumah kamu pun jadi lebih wangi.

Demikian beberapa cara dalam mengusir ngengat di rumah. Semoga bermanfaat dan selama mencoba!

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: