Biaya Pasang Listrik Baru di Tahun 2020, Simak Juga Caranya

biaya pasang listrik baru

Listrik merupakan kebutuhan utama yang harus ada di setiap rumah, apalagi untuk rumah yang baru selesai dibangun. Jaringan listrik pun juga harus sudah bisa digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

Saat ini PLN sudah meluncurkan produk listrik pintar dengan sistem pembayaran prabayar. Artinya anda perlu mengisi token PLN dahulu sebelum menggunakannya untuk kepentingan sehari hari. Cara kerjanya mirip dengan pulsa prabayar.

Dengan hadirnya listrik pintar ini, anda bisa mengatur jumlah pemakaian listrik agar tidak boros. Sebab jumlah sisa kwh bisa di cek langsung di layar MPB (Meter Prabayar). Selain itu MPB dari listrik pintar inipun bisa mengeluarkan alarm notifikasi jika jumlah kwh sudah semakin menipis.

Kemudahan mengelola kebutuhan listrik sendiri setiap harinya menjadikan produk listrik pintar ini diminati oleh masyarakat. Untuk menambah kwh yang dibutuhkan anda cukup menginputkan 20 digit angka token listrik yang sudah anda beli sebelumnya.

Berbeda dengan sebelum listrik pintar ini diterapkan, ada petugas pencatat meter yang akan berkunjung ke tiap tiap rumah pelanggan listrik PLN untuk melakukan pencatatan pemakaian kwh. Jika anda terlambat membayar rekening tagihan listrik dalam waktu tertentu aliran listrik di rumah anda akan di putus sementara oleh PLN sampai anda melunasi tagihan tersebut.

Nah, untuk menikmati layanan listrik pintar dari PLN ini anda harus berlangganan listrik ke PLN terlebih dahulu. atau bisa dengan mengajukan pemasangan baru PLN di rumah atau gedung yang baru selesai dibangun agar segera bisa menikmati aliran listrik.

Lantas berapa biaya pasang listrik baru di tahun 2020? Apa saja persyaratannya dan bagaimana cara mengurusnya? Artikel ini akan menjelaskannya untuk anda

Biaya Pasang Listrik Baru

Seperti yang dikutip dari website resmi PLN tentang Syarat dan Ketentuan Pasang Baru/Perubahan Daya Online ada beberapa biaya yang harus anda persiapkan sebagai biaya pasang listrik baru, yaitu :

  1. Membayar biaya penyambungan
  2. Untuk berlangganan pasca bayar anda harus membayar Uang Jaminan Langganan (UJL) terlebih dahulu
  3. Biaya materai
  4. Untuk pelanggan listrik pintar atau prabayar, membeli stroom perdana sebesar RP 5.000,

Total biaya pasang listrik baru yang dibutuhkan kisaran 1.218.000 rupiah yang sudah mencakup point point diatas kecuali token listrik perdana. Untuk pembelian token listrik pada pemakaian selanjutnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dengan harga cukup bervariasi antara 20 ribu sampai 1 juta rupiah.

Persyaratan Pasang Sambungan Listrik Baru

Kemudahan yang ditawarkan oleh listrik pintar dan paling terasa adalah tidak perlu ruwet lagi memikirkan tagihan listrik bulanan. Bagi anda yang ingin segera memasang listrik pintar di rumah anda setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

#1 Datang ke kantor PLN terdekat sesuai dengan domisili rumah anda dengan membawa lampiran berupa :

  • Foto kopi identitas seperti KTP/SIM yang masih berlaku
  • Denah bangunan atau rumah yang hendak di pasang sambungan listrik baru
  • Surat kuasa jika anda ingin mewakilkan pengurusan pasang sambungan baru
  • Membayar biaya sambungan baru

#2 Selanjutnya ajukan permohonan sambungan baru atau anda bisa langsung menghubungi call center PLN di nomor 123

Cara Pasang Listrik Baru Secara Online

Jika anda tidak mau ribet atau hendak mendaftar sambungan baru secara online maka ikuti tahapan berikut ini

  1. Buka browser kesayangan anda lalu buka website resmi PLN di address bar ketikkan http://pln.co.id
  2. Klik tombol Pasang Sambungan, anda akan dibawa kehalaman SYARAT dan KETENTUAN PASANG Baru. Baca baik baik dengan teliti syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh PLN tersebut, jika sudah selesai klik tombol Setuju
  3. Isi form sambungan baru sesuai dengan data anda, jangan lupa isi juga data pemohon dengan benar
  4. Untuk produk layanan pilih PRABAYAR
  5. Peruntukan disesuaikan dengan peruntukan listrik untuk kepentingan apa, misalnya RUMAH TANGGA
  6. Kemudian pilih Daya sesuai dengan kebutuhan anda
  7. Setelah semua form terisi sesuai dengan data yang benar, anda bisa mengetahui informasi harga biaya penyambungan dengan cara mengklik tombol Informasi Harga Biaya Penyambungan.
  8. Jangan lupa cawang pada opsi Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)
  9. Masukkan kode capcha yang tampil
  10. Klik Simpan Permohonan.

Hemat Listrik dan Gunakan Sesuai Kebutuhan

Ada baiknya jika anda menerapkan pola hidup hemat listrik, dengan cara menggunakan listrik hanya sesuai dengan kebutuhan sehari hari. Matikan penerangan dalam rumah jika waktu siang hari dan ketika malam hari, atau ganti dengan lampu dengan daya yang lebih rendah jika hendak beristirahat.

 

You May Also Like

About the Author: abahzaki

Content Writer, Copywriter, UX Writer, dan semoga semua artikel tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: