Bunga Hias Beraroma Wangi, Jadi Pengharum Ruangan!

Meletakkan bunga hias di dalam ruangan memang sudah menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Tujuan meletakkan bunga hias di dalam ruangan tentunya untuk menghiasi sudut ruangan agar menjadi lebih berwarna.

Tapi, ada beberapa bunga hias yang yang memiliki aroma khas, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami yang sangat menyegarkan. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi membeli pewangi ruangan khusus. Apa saja bunga yang dimaksud? Yuk, simak informasinya berikut ini.

#1 Geranium

Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan dalam keluarga Geraniaceae. Geranium terkenal sebagai tanaman hias yang memiliki aroma khas. Gardenia memiliki aroma yang sangat manis dan bersifat menenangkan. Beberapa orang sudah banyak yang memanfaatkan tanaman ini sebagai pemberi aroma di ruangan.

Apabila kamu ingin mencium aroma Geranium, kamu bisa mengambil daunnya dan gosokkan di telapak tangan. Nantinya kamu akan mencium aroma perpaduan antara mawar, cokelat, pala, lemon, dan jahe.Sayangnya bunga pengharum ruangan ini hanya bisa tumbuh pada media tanah dengan kualitas tinggi dan suhu udara dingin.

#2 Sharry Baby

Sharry baby adalah jenis tanaman anggrek yang sangat mudah untuk dirawat dan cepat menghasilkan bunga. Sharry Baby memiliki warna merah ati dan putih. Saat berbunga bunga anggrek ini terasa wangi dan tahan lama, anggrek ini juga mampu beradaptasi di daerah panas maupun sejuk.

Bagi kamu yang menginginkan wangi bunga masuk ke dalam rumah, maka bunga ini adalah pilihan yang tepat. Sebab, sekali tertiup angin, maka wangi bunga dapat masuk ke dalam rumah dengan sendirinya.

#3 Sedap Malam

Sedap Malam merupakan jenis tanaman hijau yang bunganya biasa digunakan dalam pembuatan parfum. Sesuai namanya, aroma wangi dari tanaman ini akan lebih tercium pada malam hari. Aroma dari Sedap Malam ini bisa digunakan untuk menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok banget dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

#4 Gardenia

Dikenal sebagai bunga kacapiring, bunga gardenia memiliki aroma yang menyegarkan tidak seperti bunga lainnya.Bentuk fisik dari tanaman Gardenia ini mirip dengan bunga Melati yang juga berwarna putih. Bunga ini cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

Selain memberikan aroma wangi pada ruangan, Gardenia juga mampu menghilangkan racun berbahaya seperti aseton, ammonia, etil asetat, dan xilena yang tercemar melalui udara. Kamu bisa meletakkan tanaman hias Gardenia ini di dekat jendela. Karena Gardenia merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari dan kelembaban yang cukup.

#5 Lavender

Bunga berwarna ungu ini juga memiliki aroma yang khas. Lavender tidak hanya bisa dijadikan tanaman penghias ruangan saja, kamu juga memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan alami. Selain itu, wangi dari Lavender ini juga mampu mengusir nyamuk.

Untuk memanfaatkannya, kamu bisa menggunakan bunga lavender dalam keadaan kering karena dalam kondisi tersebut pun bunga ini masih memiliki aroma yang segar. Bunga lavender yang telah kering dapat kamu potong beberapa tangkai bunga, lalu meletakkannya di kamar tidurmu.

#6 Melati

Bunga jasmine atau bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer di Indonesia. Melati dikenal sebagai salah satu pilihan tanaman hias yang menghasilkan aroma lembut dan segar. Ada beragam varietas bunga melati yang bisa ditanam di dalam rumah. Tanaman ini mempunyai keharuman khas nan tajam, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum di ruangan.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: