Cara Menanam Pohon Bidara dengan Baik dan Benar !

cara menanam pohon bidara

Cara Menanam Pohon Bidara- Pohon biadara memiliki nama latin ziziphuz mauritiana , yang berasal dari China. Pohon ini bisa tumbuh hingga 40 kaki, berdaun hijau mengkilap , kulit batang berwarna abu-abu terang dan buah yang berbentuk oval .  Bidara dapat tumbuh baik pada lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering. Namun, musim hujan yang memadai juga diperlukan untuk pertumbuhannya.

Tumbuhan ini sangat baik untuk kesehatan .Selain untuk kesehatan juga masayarakat sudah mulai melek dan memahami akan sunnah-sunnah dengan menggunakan daun bidara.Diantara sunnah-sunnah tersebut adalah untuk pengobatan ruqyah syar’iyyah, memandikan jenazah, mandi ketika bersuci dari haid, dan lain sebagainya.

Berikut cara mudah untuk menanam pohon bidara dengan baik dan benar . Simak artikel ini dengan baik!

Cara Menanam Pohon Bidara Dengan Biji

a. Sediakan biji bidara

Sediakan biji yang akan di tanam. Biji bidara didapat dengan cara membiarkan buah bidara hingga menjadi coklat tua . Lalu potong buah bidara dan ambil bijinya .

b. Rendam biji bidara dengan air hangat

Jika biji bidara di dapat langsung dari buahnya ,cara ini sangat diperlukan. Cara ini dilakukan untuk memisahkan biji bidara dari daging buahnya . Rendam kira-kira sekitar 1 jam lalu keringkan di bawah sinar matahari .

cara menanam pohon bidara

c. Masukkan biji bidara kedalam kantong plastik

Simpan biji bidara di ruangan bersuhu 70 derajat. Lalu pindahkan ke dalam cold storage sekitar dua sampai tiga bulan, kemudian bungkus biji bidara dengan menggunakan lumut sphagium dan jangan lupa diberi air, kemudian disimpan dalam kantong plastik yang bisa ditutup agar lembab.

Biarkan plastik terbuka untuk menjaga kelembaban tetap teratur . Pecahkan biji bidara supaya kecambah dapat tumbuh . Cara memecahkannya dapat menggunakan tang, palu dan semacamnya. Jangan sampai biji kecil didalamnya ikut pecah . Karena bagian biji dalam yang akan kita tanam.

d. Taburkan biji bidara

Setelah kecambah tumbuh , kemudian siapkan pot yang berukuran sedang untuk menaburkan biji-biji bidara tersebut. Pastikan tanah sudah tercampur dengan pupuk organik . Jangan lupa siram untuk menjaga kelembabannya dan cepat tumbuh .

Itulah cara menanam pohon bidara dengan pembenihan biji . Pastikan lahan yang digunakan tidak terlalu sempit karena pohon bidara akan tumbuh besar .

 

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: