Cara Menentukan Ukuran Bathtub dengan Tepat!

Ukuran Bathtub – Ada bathtub di kamar mandi memang sangat menarik. Bathtub ini memberikan kesan kemewahan kamar mandi kamu. Selain itu, dengan adanya bathtub ini membuat kamu bisa berendam. Bayangkan, betapa rileksnya melakukan berendam di kamar mandi usai bekerja seharian.

Apalagi bathtub itu memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh kita. Pastinya kita akan merasa lebih nyaman. Nah, sudah tahu apa belum cara mengetahui ukuran bathtub yang tepat? Kalau belum, yuk simak ulasan berikut ini!

#1 Sesuai Pajang Bathtub

Pertama yang harus diperhatikan adalah disesuaikan dengan tinggi tubuh. Misalnya, jika kalian memiliki tinggi sekitar 170cm, maka pilihlah bathtub yang berukuran sama. Kalian juga bisa memilih bathtub yang ukurannya lebih panjang. Hindarilah memilih ukuran yang lebih pendek karena membuat gerak kakimu terbatas. Sebab, akan membuat tubuhmu makin pegal usai berendam.

#2 Lebar Bathtub

Umumnya, lebar bathtub berukuran 75 cm hingga 85 cm. Lebar bathtub ini disesuaikan dengan lebar bahu. Penggunaan bathtub yang terlalu sempit akan membuat bahu terantuk sisi bathtub. Sedangkan, bathtub yang terlalu lebar hanya akan membuat tanganmu sulit merentang dan bertumpu di sisi bathtub. Jadi, pastikan harus sesuai tubuh, ya.

#3 Kedalaman Tepat

Umumnya, kedalaman bathtub untuk orang dewasa sekitar 60 cm. Dengan kedalaman tersebut, tubuh akan terendam dengan sempurna di dalam air. Kamu pun lebih mudah untuk keluar masuk bak mandi.

Sedangkan untuk anak-anak  menggunakan bathtub dengan kedalaman 40 cm. Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan, seperti tenggelam atau tergelincir saat memasuki bak. Jika, anak-anak berendam di bathtub orang dewasa, sebaiknya untuk diawasi. Bisa juga diberikan karpet anti slip.

#4 Bathtub 2 Orang

Ada juga bathtub untuk berdua tetapi harus disesuaikan juga. Cara termudah untuk memilih ukurannya adalah berdasarkan tinggi badan dan lebar bahu orang yang paling besar, lalu kalikan 2. Bathtub untuk 2 orang biasanya berbentuk persegi dan bulat.

Bathtub ini memang lebih besar. Jadi, letakkan bathtub ini di kamar mandi yang luas. Jika luas kamar mandi terbatas, pertimbangkan tempat lain untuk meletakkan bathtub, misal di letakkan di sebelah kolam renang.

#5 Sesuai Ukuran Kamar Mandi

Setelah mengetahui ukuran bathtub sesuai dengan tubuh. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan ukuran kamar mandi. Batas maksimal bathtub sendiri adalah setengah dari luas kamar mandi. Dengan begitu, ada ruang tersisa untuk area shower, closet duduk dan elemen kamar mandi lainnya.

Pada dasarnya, ukuran bathtub yang standar di pasaran adalah 0,9×1,8 meter, 1×1,5 meter, dan 1,5×1,5 meter. Jika tidak mendapatkan ukuran bathtub yang pas, bisa membuat bathtub custom.

Demikian artikel mengenai ukuran bathtub ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: