Cara Tanam Rumput Gajah Mini di Taman Rumah

Cara Tanam Rumput Gajah – Biasanya kita menghiasi taman dengan bermacam-macam bunga. Tapi, jika hanya dihiasi dengan bunga, taman kita tidak akan terlihat estetik. Jadi, harus dilengkapi dnegan rumput juga. Di Indonesia sendiri, rumput gajah mini menjadi idola untuk menghias taman rumah.

Sesuai namanya, rumput dengan nama latinĀ pennisetum purpureum schumach ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan jenis rumput gajah biasa atau rumput taman lainnya. Rumput ini mampu bertahan di daerah iklim tropis dan perawatannya sangat mudah. Rumput ini bisa kamu tanam sendiri di rumah. Begini cara tanam rumput gajah!

#1 Siapkan Bibit Rumput Gajah

Bibit rumput gajah mini dijual per meter persegi. Bentuknya sudah berupa rumput, bukan dari benih. Kamu pun tidak perlu menyemai terlebih dahulu. Ini akan menghemat waktumu dan kemungkinan gagalnya sangat minim. Pada saat membeli rumput gajah pilihlah yang daunnya terlihat segar. Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan luas tanah rumahmu yang akan ditutupi rumput tersebut.

#2 Siapkan Lahan

Setelah itu, sediakan lahan yang akan ditanami rumput gajah mini. Pada saat mempersiap lahannya, siramlah terlebih dahulu agar lebih mudah dicangkul. Setelah itu, singkirkan bagian atas tanah yang keras dan rumput liar. Saat mencabut rumput liar, pastikan akarnya juga tercabut agar tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah.

Kamu juga harus memperhatikan kemiringan permukaan tanah. Ada baiknya dibuat miring ke arah saluran pembuangan air. Ini bertujuan untuk menjaga rumput gajah dari genangan air yang akan membuatnya membusuk dan mati.

#3 Menggunakan Tanah Merah

Jika sudah lahannya disiapkan, lanjutt dengan menutupi permukaan lahan dengan tanah merah yang halus.Tanah merah ini merupakan media tanam yang tepat bagi rumput gajah mini. Setelah seluruh permukaan tertutupi dengan tanah merah, lalu ambillah papan kayu. Kemudian tekan-tekan permukaan tanah dengan papan secara perlahan. Cara ini dilakukan untuk mempermudah meratakan permukaan sehingga rumput gajah mini tidak tumbuh bergelombang dan taman rumah akan semakin terlihat indah.

#4 Potong Bibit Rumput Gajah Mini

Sebelumnya sudah di jelaskan jika rumput gajah mini ini dijual per meter persegi. Nah, jika kamu ingin langsung mendapatkan taman yang rapi, boleh saja langsung ditanam. Namun, kalau mau lebih irit, sebaiknya potong bibit rumput ke dalam ukuran yang lebih kecil. Kamu juga harus memperhatikan tidak membuang akarnya pada saat pemotongan.

#5 Proses Penanaman

Ada yang perlu diperhatikan jika kamu memilih menanam rumput gajah mini ini dengan bibitnya. Proses penanaman bibit rumput gajah mini harus mengikuti pola zig-zag. Setidaknya, beri jarak sekitar 7 hingga 10 cm. Keruk sedikit bagian tanah yang akan ditanami, kemudian letakkan bibit rumput gajah mini dan pastikan akarnya masuk ke dalam tanah. Tepuk tanah menggunakan alat kebun apasaja agar akarnya benar-benar tertimbun tanah.

#6 Perawatan

Merawat rumput gajah mini ini tidaklah susah, karena rumput ini tidak perlu diberi pupuk. Yang hanya perlu kamu lakukan adalah menyirami rumput ini secara rutin. Lakukanlah setiap pagi dan sore hari. Jika kamu menanamnya di saat musim hujan, pekerjaan menyiram ini bisa dikurangi frekuensinya. Selain itu, rumput ini akan tumbuh subur jika mendapatkan asupan air dan cahaya matahari yang cukup

Mudah sekali kan menanam rumput gajah mini ini? Dijamin tidak akan gagal dan taman rumah jadi cantik. Yuk, lakukan penanaman bersama anggota keluarga supaya makin seru!

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: