Contoh Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Yang Akurat

Perjanjian Sewa Menyewa Rumah- Perjanjian sewa menyewa telah diatur dalam undang-undang KUHP. Jadi tidak akan ada kecurangan saat melakukan sewa menyewa karena telah diatur oleh hukum dan akan mendapatkan sanksi tersendiri saat melakukan kecurangan .

Sebelumnya, yang perlu Anda ketahui adalah apa pengertian dari sewa menyewa itu sendiri, hal apasaja yang perlu diperhatikan saat melakukan sewa menyewa , dan jangan sampai salah saat penulisan pada surat penyewaan yang bermatrai . Simak artikel ini lebih lanjut dan pahami dengan baik agar tidak salah langkah !!!

Pengertian Sewa Menyewa

perjanjian sewa menyewa rumah

Sewa Menyewa adalah suatu perjanjian , dengan mana pihak yang satu mengikat dirinya untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak lain selama waktu tertentu ,dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak penyewa .

Unsur-unsur sewa menyewa yaitu ;

  1. Adanya pihak  yang menyewa dan pihak yang penyewa .
  2. Adanya konsesus antara kedua belah pihak.
  3. Adanya objek sewa menyewa , yaitu sesuatu yang akan disewakan.
  4. Adanya kewajiban dari pihak yang menyewakan untuk menyerahkan sesuatu yang disewakan kepada penyewa.
  5. Adanya kewajiban dari pihak penyewa untuk menyerahkan uang pembayaran kepada pihak yang menewakan .

Hal-Hal Dalam Melakukan Sewa Menyewa

Saat melakukan sewa menyewa tidak hanya memberikan barang dan uang pembayaran saja , di dalamnya perlu adanya hal-hal yang membuat pihak penyewa dan yang menyewakan tidak berbuat semena-mena . Hal tersebut adalah sebagai berikut ;

1. Identitas Kedua Pihak Perjanjian Sewa Menyewa

Identitas dari kedua belah pihak harus benar tidak boleh dipalsukan . Jika terjadi masalah dikemudian harinya tidak dapat digugat karena data yang tertera adalah data palsu . Jadi, harus teliti saat membuat surat perjanjian cantumkan data yang akurat sehingga dapat di gugat jika terjadi pelanggaran dalam kontrak sewa.

2. Harga dan Masa Sewa

Untuk menghindari kecurangan saat melakukan sewa menyewa , harga dan masa sewa perlu diperhatikan dengan baik . Pastikan juga tercampun cara dan metode proses sewa menyewa . Cantumkan juga masa saat awal menyewa sampai akhir penyewaaan . Jika tidak dicantumkan , hak Anda sebagai penyewa akan dibuat semena-mene kepada Anda .

3. Pembayaran Tagihan

Jika objek yang disewakan berupa rumah, maka pembayaran tagihan juga perlu di cantumkan dalam kontrak sewa oleh pemilih rumah . Pastikan harga sewa sudah termasuk pembayaran tagihan listrik, air, telepon, hingga televisi satelit atau belum. Jika sudah termasuk, itu harus ada dalam perjanjian sewa yang tertulis. Namun jika tidak, kesepakatan pembayaran tagihan juga harus ada dalam kontrak sebagai kewajiban penyewa.

4. Perawatan Objek

Perawatan pada barang yang disewakan perlu diperhatikan . Jangan sampai sang pemilik barang sewaan merasa Anda tidak sanggup merawat barangnya dengan baik . Harus ada point-point penting yang perlu diperhatikan untuk perawatan barang tersebut , sekalipun itu hal sepele .

5. Percantuman Sanksi

Setelah semua sudah , perhatikan sanksi apa saja yang akan diterima jika terjadi pelanggaran saat sewa menyewa .Jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan karena kesalahan pada saat mencantumkan sanksi saat terjadi pelanggaran sewa menyewa .

6. Tanda Tangan dan Matrai

Tanda tangan dan matrai ini sebagai bukti penting dalam surat penjajian sewa menyewa . Dengan adanya bukti ini , jika terjadi kecurangan antara kedua belah pihak maka pihak yang dirugikan akan bisa menggugatnya dengan mudah karena sudah ada bukti sah surat penjanjian dengan bertandatangankan kedua belah pihak tersebut .

perjanjian sewa menyewa rumah

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa

SURAT  PERJANJIAN SEWA – MENYEWA RUMAH

DI PERUMAHAN GRIYA PESONA
A22 – GENTAN
SUKOHARJO

Pada hari ini tanggal : 1 November 2011

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : SURYA WARDANA,ST,MM
Umur                           : 45 tahun
Alamat                         : Joyodiningratan rt 04/06 Kratonan Serengan Surakarta
Pekerjaan                     : swasta
No. KTP                       : 33.7202.1604.743568631
Selanjutnya sebagai PIHAK PERTAMA

Nama                           : DEWI IHSA
Umur                            : 34 tahun
Alamat                          : Jln Demak Bintoro II No. 17 Rt 04/10 Cangakan Nusukan Surakarta
No. KTP                        : 123457689987654234
Selanjutnya sebagai  PIHAK KEDUA

Kedua belah pihak sepakat untuk membuat perjanjian sewa menyewa rumah dengan syarat dengan ketentuan – ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
SEWA MENYEWA

PIHAK PERTAMA menyewakan kepada PIHAK KEDUA  sebuah bangunan rumah tinggal permanen dengan alamat Perumahan Griya Pesona A22 – GENTAN , Sukoharjo. Dengan Luas tanah 114 m2 , luas bangunan 80 m2 , lantai keramik , dinding tembok , atap genting, dengan 3 buah kamar tidur dan 2 kamar mandi berikut bangunan urutannya lengkap dengan fasilitas listrik PLN 1300 watt dan tandon air merk ‘COVINA’.

Pasal 2
KESEPAKATAN PEMBAYARAN

PIHAK KEDUA akan membayar uang sewa rumah sebesar Rp. 17.000.000 kepada PIHAK PERTAMA  untuk jangka waktu selama 2 (dua) tahun dan jumlah uang tersebut telah diterima PIHAK PERTAMA  Dari PIHAK KEDUA sebelum surat ini di tanda tangani. Dan surat ini juga berlaku sebagai tanda bukti pembayaran yang sah (kwitansi).

Pasal 3
JANGKA WAKTU PERJANJIAN

Perjanjian sewa – menyewa ini terhitung dari tanggal 1 November 2011 dan dibuat dalam jangka waktu selama 2 (dua ) tahun, sehingga dengan demikian akan berakhir tanggal 1 November 2013. Perjanjian sewa – menyewa ini dapat diperpanjang lagi dengan memakai syarat- syarat perjanjian dalam surat tersendiri kelak pada waktunya, asal saja PIHAK KEDUA memberitahukan kehendaknya kepada PIHAK PERTAMA 2 (dua ) bulan sebelum perjanjian sewa menyewa ini berakhir .

Pasal 4
HAK DAN KEWAJIBAN

PIHAK PERTAMA wajib membayar PBB tepat pada waktunya, demikian juga PIHAK KEDUA  wajib membayar uang listrik , uang kebersihan dan keamanan dengan tertib tiap – tiap bulan sampai bulan terakhir rumah ditempati. PIHAK KEDUA berhak melakukan perbaikan yang dirasa perlu perlu, namun setiap rencana perbaikan rumah harus seijin PIHAK PERTAMA dan jika perjanjian Sewa menyewa ini berakhir PIHAK KEDUA wajib menyerahkan kembali bangunan rumah yang di sewanya dalam keadaan baik dan bebas dari penghuninya serta barang – barang yang ada di dalamnya lengkap dengan kuncinya yaitu pada tanggal 1 November 2013.

Pasal 5
PEMINDAHAN

Apabila sebelum masa sewa berakhir PIHAK KEDUA tidak betah atau pindah maka PIHAK PERTAMA tidak berkewajiban mengembalikan uang sewa rumah.

Baca Juga  Mengenal Doa Qunut Yang Dibaca Saat Shalat Subuh dan Waktu Witir

Pasal 6
PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan surat perjanjian sewa menyewa ini akan diusahakan penyelesaiannya secara musyawarah untuk  mufakat antara kedua belah pihak . apabila cara musyawarah untuk mufakat tersebut tidak dicapai kata sepakat, maka kedua belah pihak sepakat untuk memilih penyelesaiannya di kantor pengadilan negeri.

Pasal 7
LAIN – LAIN

Segala ketentuan persyaratan lainnya yang belum diatur dalam perjanjian ini maupun perubahannya akan diatur , serta diterapkan di kemudian hari dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian ini.

Pasal 8
PENUTUP

Perjanjian ini di buat rangkap 2 (dua) bermaterai cukup.

Surakarta, 1 November 2011

PIHAK PERTAMA                                                      PIHAK KEDUA

materai

       ADE SURYA , ST,MM                                          FRISKY TUNGGA DEWI

 

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: