Inilah Manfaat Pijat Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Pijat Kaki- Tempat pijat kaki saat ini mudah untuk kita jumpai. Banyak orang yang mencoba pijat ini, salah satunya pijat refleksi kaki. Sebab, dengan hanya memijat bagian kaki, berbagai masalah kesehatan di tubuh dinilai bisa mereda.

Pijat refleksi sebenarnya bukanlah metode medis. Namun, dipercaya pijat refleksi ini mampu memberikan sejumlah manfaat. Maka tak heran jika pijat ini sudah ada sejak dahulu.

Para terapis pijat refleksi biasanya menggunakan ibu jari dan jari lainnya untuk menekan titik-titik saraf pada tangan dan kaki. Berikut ini adalah manfaat pijat kaki yang baik untuk kesehatanmu:

#1 Mengurangi Stress

Pijat ini terbukti ampuh untuk mengurangi stres walaupun hanya berfokus pada bagian telapak kaki. Karena, kaki menjadi tempat terbaik untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Meski awalnya terasa sakit dan tidak nyaman, namun rutin melakukannya akan membuat kamu terbiasa dan sakit jadi berkurang.

#2 Menambah Energi

Jika kamu ingin menambah energi dengan pijat refleksi, kamu cukup menekan area bantalan kaki yang berbatasan dengan telapak kaki.Titik refleksi di area tersebut berhubungan langsung dengan kelenjar adrenal. Ini bertugas memproduksi andrenalin salah satu bahan baku penambah tenaga.

# 3 Melancarkan Sistem Pencernaan

Pijat kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi dan memberikan stimulasi pada bagian sistem pencernaan. Ini sangat baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuhmu. Tetapi, kamu harus menghindari alkohol sekiranya 24 jam sebelum melakukan pijat. Sebab, dampak negatif dari alkohol akan menjadi berlipat jika kamu tidak melakukannya.

#4 Meredakan Kecemasan

Pijat refleksi kaki ternyata juga bisa meredakan gejala gangguan mental, salah satunya gangguan kkecemasan. Caranya :

  • Tekuk jari-jari kaki. Setelah ditekuk, akan terlihat cekungan di bawah bantalan kaki.
  • Tekan area tersebut menggunakan jempol dan letakkan jari-jari lainnya di punggung kaki.
  • Pijat area tersebut dengan gerakan memutar.
#5 Meredakan Nyeri Tubuh

Pijat kaki melalui bagian ujung saraf atau telapak kaki akan membuat tubuh mampu melakukan penyembuhan sendiri. Kamu bisa melakukan cara ini untuk bantu mengurangi nyeri di tubuh keseluruhan.

  • Duduklah di sofa atau kursi.
  • Letakkan bola golf atau bola tenis di bawah kaki.
  • Lalu, gulingkan bola di bawah telapak kaki ke depan dan belakang, hingga Anda menemukan titik yang dirasa sensitif.
  • Injak bola di posisi titik tersebut dan tahan sekitar 3-5 menit.
#6 Mengurangi Rasa Sakit PMS

Gejala PMS seperti kram perut juga bisa diredakan dengan pijat refleksi. Caranya, tekan salah satu lekukan kakimu, tepatnya di sisi tepi permukaan kaki.  Lalu, tekan bagian tengah jempol kaki memakai tangan lainnya. Pijatan ini diyakini bisa merelaksasi ovarium, rahim, dan kelenjar hipotalamus di otak.

#7 Mengatasi Susah Tidur

Bagi kamu yang susah tidur bisa memijat kedua jempol kaki. Area benjolan di bagian samping jempol, dipercaya berhubungan dengan kelenjar pineal. Kelenjar ini mengatur produksi hormon melatonin, yang merupakan hormon tidur. Selain itu, memijat area jempol lainnya dipercaya akan memicu pelepasan endorfin sehingga membuat Anda lebih rileks.

#8 Meredakan Flu

Jika kamu mengalami hidung mampet bisa coba meredakannya dengan pijat refleksi di area jempol kaki. Tekan bagian bawah kedua jempol kaki dengan sedikit tambahan tekanan, lalu gerakkan tekanan ke arah atas dan bawah secara perlahan. Gerakan tersebut dipercaya dapat menghilangkan mampet di hidung sekaligus meredakan sakit kepala.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: