Jenis Batu Taman Cantik untuk Dekorasi Halaman Rumah!

Jenis Batu Taman – Batu taman juga menjadi elemen penting untuk mempercantik taman. Batu ini memiliki banyak sekali pilihan. Mulai dari jenis, ukuran, dan style, banyak sekali cara memanfaatkan batu taman supaya hunian terlihat lebih estetik dan hidup.

Berikut ini beberapa jenis batu taman yang bisa kalian pilih. Simak ulasan berikut ini!

 #1 Batu Krikil Kacang

Batu ini memiliki ukuran kecil seperti biji kacang. Batu krikil ini bertekstur halus karena digerus aliran air. Biasanya batu ini diambil dari pinggiran sungai dalam beraneka ragam warna. Dalam penggunaannya batu ini bisa dicampur dengan semen untuk dijadikan jalan setapak. Untuk harganya jenis batu kerikil kacang ini dijual dengan harga terjangkau.

#2 Batu Kali

Sama seperti batu krikil kacang, jenis batu taman ini juga berasal dari sungai. Batu kali diperhalus oleh aliran air alam, batu kali ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bentuk lonjong dan beraneka ragam. Batu ini digunakan sebagai batu taman yang jenisnya cukup awet sehingga tidak mudah rusak. Biasanya batu kali dipadukan dengan air mancur atau elemen air lainnya.

#3 Batu Alam Flagstone 

Ingin memiliki taman yang mewah? Bisa menggunakan batu yang berasal dari alam ini, yaitu flagstone. Batu ini terbentuk dari batuan sedimen atau endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah yang mengeras. Dengan cuaca tropis, jenis batu ini juga efektif menyerap air sehingga cocok dijadikan jalan setapak. Batu alam ini memiliki ukuran yang beragam, kalian bisa memilih ukuran yang diinginkan dan cocokkan dengan instalasi sebagai batu taman.

#4 Batu Granit

Batu alam lainnya yang bisa dijadikan batu taman, yaitu batu granit. Sama seperti flagstone, batu ini terbentuk dari proses alam  berupa batuan beku yang bercampur, bahan ini sering hadir dalam bentuk keramik untuk interior. Istimewanya batu granit ini juga hadir dalam bentuk keramik ataupun pecahan batu granit.

#5 Batu Candi

Mungkin kalian pernah mendengar kata batu candi. Batu candi juga biasa disebut juga batu andesit yang digunakan sebagai batu taman. Memiliki motif bintik hitam yang halus dan juga bisa menyerap air, batu taman ini dibentuk dari proses pendinginan lava. Lebih baik gunakan batu ini sebagian bagian dari dinding atau jalan taman.

#6 Batu Koral

Batu koral ini hampir mirip dengan batu kerikil kacang, yaitu batu koral. Jenis batu taman ini juga merupakan batu alam yang sering digunakan sebagai dekorasi rumah. Batu koral cocok juga digunakan pada bagian kolam rumah. Batu ini juga hadir dengan warna-warni indah, seperti hitam, putih, hingga multi warna. Sayangnya batu koral lebih mudah rapuh.

#7 Batu Split

Batu split atau batu belah ini memiliki tekstur yang kasar dan unik karena telah menjalani proses pemecahan dari batu alam berukuran besar. Hal ini membuat lempengannya bisa disusun secara kreatif sebagai batu taman. Batu split memiliki warna, bentuk, serta ukuran yang berbeda, membuat batu ini bisa dijadikan batu taman dalam berbagai gaya.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: