Jenis Kalsiboard Untuk Plafon , Kenali yuk!

Jenis Kalsiboard- Kalsiboard adalah bahan bangunan yang berasal dari campuran semen, pasir silika dan serat selulosa. Ukuran dari kalsiboard ini bermacam-macam tergantung dari jenisnya, karena disesuaikan dengan fungsinya.

Terdapat beberapa kelebihan jika kalian menggunakan Kalsiboard untuk bahan platfon di rumah kalian. Berikut penjelasan mengenai kelebihan menggunakan kalsiboard.

Kelebihan Kalsiboard

Kelebihan dari kalsiboard adalah mudah saat pemasangan, juga bisa di catdengan berbagai jenis cat. Material ini juga bisa dipotong, bebas asbes sehingga aman untuk penghuni rumah, tahan api dan benturan. Selain itu , kalsiboard ini juga tahan terhadap rayap , bentuknya yang relatif stabil , hingga fleksibel.

Untuk ketebalan dari kalsiboard ini sangat bervariatif mulai dari 3mm sampai dengan 20mm. Kalsiboard ini juga tahan dengan air. Dan juga mudah dibersihkan dari noda air ika terkena air. Material ini juga mudah dilengkungkan hingga kelengkungan tertentu sehingga bisa untuk desain-desain platfon yang lengkung.

Selain terdapat kelebihannya, kalsiboard ini juga memiliki kekurangan. Nah berikut ini kekurangan dari kalsiboard yang perlu kamu ketahui.

Kekurangan Kalsiboard

Kekurangan dari kalsiboard adalah memiliki kembang susut tinggi sehingga mudah sekali retak rambut. Jika saat musim hujan akan mengembang, tetapi jika saat musin kemarau akan menyusut. Kalsiboard membutuhkan jarak sehingga tidak bisa dibuat rapi seperti menggunakan gypsum. Untuk menggunakan kalsiboard juga diperlukan rangka yang kuat untuk menopang kalsiboardnya.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Kalsiboard, mari simak penjelasan mengenai jenis-jenis dari kalsiboard.

Jenis-Jenis Kalsiboard

1. KalsiRata 3

Kalsiboard ini memiliki ketebalan 3mm dan cocok untuk dipakai di plafon dalam ruangan. Pada saat pemasangan , biasanya produsen menyarankan agar memakai paku KalsiNail 3-4,5 untuk platfon yang menggunakan rangka kayu. Dan sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka saja atau visible joint.

Ini diterapkan karena lantaran ketebalan hanya 3mm, msks material ini tidak perlu disambung dengan compound dan tidak disekrup pada rangka metal. Kalsiboard ini juga menjadi solusi pengganti tripleks karena kuat,tahan lama, dan bebas asbes.

2. Kalsiboard Ling 3.5

Material kalsiboard ini memiliki ketebalan papan 3,5 mm dan cocok digunakan pada platfon ruangan. Material ini juga mudah dipasang ,hanya dengan menggunakan sekrup KalsiScrew CE-XS pada rangka saja.

Material ini juga cocok digunakan untuk pembangunan gedung baru karena kuat dan menghasilkan permukaan yang rata. Produk ini dibuat dari komposisi bahan baku yang lebih berkualitas dari KalsiRata 3. Oleh karena itu, daya tahannya jauh lebih besar dibandingkan KalsiRata 3.

3.Kalsiboard Ling 4

Kalsiboard ini memiliki ketebalan sekitar 4mm dan juga cocok untuk digunakan di plafon dalam ruangan. Untuk menghasilkan sambungan yang sempurna ,saat pemasangan bisa menggunakan KalsiKompon IN-F dan KalsiTape FG-50.

Hal ini dilakukan untuk menutup sambungan antar material agar platfon terlihat lebih rapi dan halus. Kalsiboard ini juga sebaiknya dipasang pada rangka metal KalsiFuring dan diperkuat dengan sekrup KalsiScrew CE-S.

4.Kalsiboard Ling 4.5

Kalsiboard ini memiliki ketebalan sekitar 4,5 mm yang merupakan material lebih tebal dari material sebelum-sebelumnya. Material ini sebaiknya dipasang pada sistem rangka mental KalsiFuring dan diperkuat dengan sekrup KalsiScrew CE-S.

Saat ini juga semakin banyak rumah yang menggunakan sistem rangka mental pada huniannya. Untuk menghasilkan sambungan yang bagus dan rata , pakai KalsiKompon IN-F dan KalsiTape FG-50.

5.Kalsiboard Ling 6

Kalsiboard ini merupakan kalsiboard yang terbaik lantaran memiliki ketebalan hingga 6 mm. Kalsiboard ini cocok digunakan untuk platfon enterior,tetapi juga bisa digunakan untuk platfon interior.

Jika ingin memasang kalsiboard ini , sebaiknya gunakan KalsiKompon IN-F dan juga KalsiTape FG-50 agar tampilannya lebih sempurna. Sama seperti Kalsiboard ukuran lainnya, sebaiknya kalsiboard ini dipasang pada sistem rangka metal KalsiFuring dan di sekrup memakai KalsiScrew CE.

Demikianlah penjelasan mengenai Kalsiboard. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian mengenai properti.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: