Kelebihan dan Kekurangan Memasang Keramik Dinding

Kelebihan dan Kekurangan- Memang keramik dinding bisa menjadi salah satu alternatif untuk menutupi tembok. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari keramik dinding ini. Ini yang harus kalian ketahui!

Pilihan yang paling umum saat melapis bagian tembok adalah dengan mengaplikasikan dengan cat tembok. Kalian pasti akan melihat aplikasi cat dinding yang digunakan baik di rumah sendiri atau di rumah orang lain.

Berbagai warna cat yang digunakan pada tembok rumah baik untuk interior ataupun eksterior. Pilihan lain yang biasa digunakan adalah menutup tembok dengan wallpaper dinding yang memiliki berbagai warna dan motif.

Dan ada juga yang membuat mural, hanya saja jika membuat mural tentunya mahal kecuali bisa membuatnya sendiri. Sebenarnya keramik juga bisa menjadi pilihan kalian untuk menutup dinding,banyak yang memilih keramik dinding ketimbang cat.

Keramik dinding bisa memberikan aksen cantik pada tembok rumah, apalagi motifnya semakin beragam. Biasanya orang memasang keramik dinding pada kamar mandi, dapur, tempat berwudhu, atau area menaruh mesin cuci.

Keramik dinding tentunya berbeda dengan keramik lantai dari berbagai segi. Nah, disini kami akan menjelaskan kepada kalian mengenai kelebihan dan kekurangan dari keramik dinding.

Kelebihan Keramik Dinding

#1. Tahan Lama

Keramik ini dibuat dengan melalui proses pembakaran hingga temperatur lebih dari 1.200 derajat celcius. Proses ini membuat keramik menjadi  material yang tidak mudah rusak dan tahan lama jika dibandingkan dengan cat atau wallpaper. Wallpaper bisa robek jika terkena benda tajam dan air, sementara cat akan mengelupas setelah sekian lama. Namun, jika kalian menggunakan keramik maka tembok kalian akan terlihat rapi, bersih dan juga tahan lama menghemat pengeluaran.

#2. Mudah Dibersihkan

Cara membersihkan keramik dinding relatif mudah , sama dengan membersihkan keramik lantai. Kamu hanya perlu menggunakan air, pembersih lantai atau sabun pembersih lainnya untuk menghilangkan noda yang menempel pada keramik dinding kalian.

#3. Motif Beragam

Jika kalian menginginkan aksen menarik dari keramik dinding, ada berbagai macam bentuk,motif,dan warna yang tersedia. Kalian hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera saja, selaraskan dengan desain interior rumah kalian.

#4. Menjadi Aksen Desain Interior

Jika kalian memasang dinding keramik seperti tegel kunci, itu bisa menjadi aksen menarik di rumah . Apalagi keramik dinding ini bisa dipesan sesuai dengan keinginan sehingga memasang tidak ada motif yang sama.

#5. Tembok Tidak Perlu Diperhalus dengan Aci

Ketika ingin memasang keramik dinding, tembok tidak perlu diperhalus lagi dengan lapisan aci atau semen. Hal ini bisa membuat kalian menghemat penggunaan semen sekaligus bisa memangkas anggaran pengeluaran.

Kekurangan Keramik Dinding

#1. Harga Mahal

Harga keramik dinidng per meter perseginya berkisaran dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tentunya tergantung kualitas. Jika ingin menggunakan keramik pada dinding yang cukup luas, maka biayanya bisa lebih mahal dua tiga kali lipat dibandingkan memasang wallpaper atau cat.

#2. Pemesanan Cukup Lama

Jika kalian ingin memesan keramik dinding pada produsen tegel maka kalian harus sabar. Biasanya pemesanan keramik dinding ke produsen langsung bisa memakan waktu dua tiga bulan. Hal ini menghambat proses pembangunan rumah ataupun renovasi bagian dinding karena menunggu material. Berbeda jika kalian memesan di toko bangunan kalian bisa langsung memilih yang tersedia di toko tersebut.

#3. Membutuhkan Tukang Ahli Memasang Keramik Dinding

Untuk memasang keramik dinding tentunya membutuhkan tukang bangunan yang handal. Pemasangan yang tegak lurus dari lantai ini membutuhkan ketelitian dan keahlian agar keramik dinding bisa terpasang lurus dan rata. Apalagi jika memasang keramik dinding berbentuk mozaik pasti hal ini akan membutuhkan keahlian yang lebih baik lagi. Jika salah masang, mengakibatkan tembok menjadi lembab.

Nah,itulah kelebihan dan kekurangan dari pengaplikasian keramik dinding. Tentukan pilihan apa yang akan kalian gunakan untuk menuutupi tembok. Pastikan itu merupakan pilihan kalian yang tepat agar tidak membuang-buang biaya kalian saja. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: