Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Manfaat Daun Bidara – Bidara yang merupakan pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering ini memiliki daun yang umumnya berbentuk bulat panjang. Pohon ini umumnya hidup di daerah yang kering, jadi jangan heran jika pemilik nama latin ziziphus mauritiana ini bisa hidup dengan baik di daerah yang panas.

Pohon ini tumbuh menyerupai semak belukar dan memiliki banyak cabang dan ada duri tiap bagian kayunya. Daunnya berbentuk elips atau lonjong dan berwarna hijau agak mengkilap. Di Indonesia, bidara ini sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan ramuan tradisional, terutama pada bagian daunnya.

Daun bidara memiliki sifat anti-diabetes, anti inflamasi, anti-plasmodial, dan anti-mikroba, serta hemolitik, obat penenang, anxiolytic, sifat diuretik, analgesik, dan antioksidan. Sifat-sifat inilah yang bisa membantu kita mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan. Apa saja manfaat yang di dapat? Yuk, langsung saja disimak!

#1 Menyehatkan Pencernaan

Daun bidara sangat ampuh dalam membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Dengan demikian, bisa mengatasi keluhan pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, ataupun diare. Cobalah untuk meminum air rebusan dari daun bidara yang kaya akan khasiat ini.

Jika kamu rutin mengonsumsi daun bidara, maka pencernaanmu akan segera membaik. Tapi, kamu juga perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya! Apalagi, kalau kamu sedang dalam masa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghindari reaksi atau efek samping yang mungkin terjadi.

#2 Mengatasi Jerawat

Daun bidara juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, termasuk dalam mengatasi jerawat. Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit tetap sehat. Caranya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan.Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

#3 Menyembuhkan Luka

Daun bidara juga bisa menyembuhkan luka. Karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun ini juga memiliki senyawa glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Daun ini mampu mempercepat regenerasi kulit.

#4 Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat mengatasi jerawat manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bisa mencegah penuaan dini. Menggunakan masker daun bidara dapat mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata yang merupakan gejala penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

#5 Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Daun bidara juga mampu memberikan efek tenang bagi tubuh. Dengan kondisi tubuh yang rileks dan nyaman kamu akan lebih mudah untuk beristirahat sehingga tidurmu pun akan lebih nyenyak dan berkualitas. Kalau waktu tidurmu berkualitas, badan pasti akan menjadi lebih segar ketika bangun di keesokan harinya, bukan?

Itulah beberapa manfaat dari daun bidara yang bisa dirasakan. Pastikan daun bidara yang digunakan bebas bahan kimia dan bersih ya.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: