Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Paprika Merah- Paprika kerap menjadi toping di dalam masakan seperti salad, pizza dan pasta. Paprika termasuk dalam salah satu jenis cabe yang berukuran besar. Paprika memiliki wangi dan rasa yang begitu khas. Sama seperti cabe pada umumnya, paprika juga mengandung capsicum annuum L yang menghasilkan cita rasa pedas. Namun, paprika tidak begitu pedas seperti cabe rawit dan cabe merah.

Paprika memiliki 3 jenis, diantaranya adalah paprika merah, kuning dan hijau.  Dari ketiga jenis paprika ini, yang dikatakan lebih banyak mengandung vitamin, antioksidan dan mineral adalah paprika merah. Kandungan yang ada di dalam paprika merah ini yang baik untuk kesetahan tubuh.

Mau tahu apasaja manfaat dari paprika merah ini ? Yuk, langsung saja di simak bersama!

#1 Mencegah Kanker

Senyawa capsaicin yang ada dalam paprika merah dapat mengobati kanker dengan cara mencegah karsinogen mengikat dengan DNA. Paprika memiliki kemampuan untuk membuat sel-sel kanker kelaparan yang akan membunuh mereka. Dengan mengkonsumsi paprika secara teratur dapat memberikan beberapa perlindungan dari kanker bahkan paprika ini bisa dikonsumsi sebagai bagian dari asupan makanan biasa.

#2 Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan yang ada di dalam paprika merah dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga secara tidak langsung hal ini bisa menjadi upaya untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi paprika merah juga mampu untuk menyembuhkan dan merawat sindrom iritasi baik usus besar maupun sembelit.

#3 Mengontrol Gula Darah

Paprika merah juga memiliki kandungan serat pangan, nutrient, vitamin, mineral, dan juga antibiotic yang tinggi. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan gula darah dan mencegah berbagai macam penyakit lainnya. Paprika juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa ada larangan apapun.

#4 Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori sebesar 37 yang ada di dalam paprika akan membantumu menurunkan berat badan. Karena dengan mengkonsumsi paprika ini secara teratur baik sebagai bahan makanan atau snack tidak akan mengganggu usaha diet yang sedang kamu jalani. Jadi mengonsumsi paprika sangat disarankan dibanding ngemil keripik kentang karena paprika lebih kaya akan nutrisi.

#5 Menjaga Kesehatan Mata

Paprika merah kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, paprika juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Dalam dunia medis lutein kerap digunakan untuk merawat pasien degenerasi makula atau pemicu kebutaan pada orang tua. Kandungan Lutein ini menyaring sinar UV yang berpotensi merusak retina sehingga sel mata tetap aman terlindungi.

#6 Menjaga Kolesterol

Dipercaya paprika merah mempu mengurangi kolesterol jahat dan LDL dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi paprika merah ini secara teratur akan menjauhkan tubuh kamu dari segala penyakit terutama jantung.

#7 Mengendalikan Radang Sendi

Kandungan karoten yang ada di dalam paprika merah mampu membantu mengendalikan radang sendi dengan mengobati pembengkakan. Paprika merah juga dianggap sebagai obat alami untuk radang sendi. Silikon yang terdapat dalam paprika merah membantu mengelola rasa sakit dan pembengkakan. Kamu bisa membuat jus paprika merah untuk menikmati khasiat penyembuhannya.

#8 Menjaga Kesehatan Kulit

Paprika merah mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi kandungan beta-karoten juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tampak sehat dan awet muda.

Demikianlah manfaat dari paprika merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: