Cara Menanam Rumput Jepang di Taman Rumah, Cukup Mudah!

Menanam Rumput Jepang – Ingin memiliki taman yang asri? Tidak hanya menempatkan bunga atau pepohonan, kalian juga bisa menanam rumput di area taman. Ada dua pilihan jenis rumput yang bisa kalian gunakan, yakni rumput asli dan rumput sintetis.

Kamu bisa menggunakan rumput asli untuk mendapatkan kesan natural. Banyak sekali jenis rumput asli yang tersedia, salah satunya ada rumput jepang. Rumput ini sangat populer saat ini sebab dapat menyuguhkan tampilan indah di taman serta memerlukan teknik perawatan yang sederhana.

Nah, kali ini Saya akan memberikan langkah-langkah menanam rumput jepang dengan mudah. Maka dari itu , yuk simak tips menanam rumput Jepang berikut ini!

#1 Pilih Bibit Rumput Jepang Terbaik

Pertama, kalian harus memilih bibit rumput Jepang terbaik. Kamu harus memilih bibit yang berwarna segar sehingga menunjukkan bahwa kualitasnya bagus, sehat dan tidak terserang hama. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memilih rumput Jepang yang teksturnya keras dan tidak layu agar dapat tumbuh secara sempurna, serta pastikan bibit rumput Jepang memiliki bagian akar dalam kondisi baik.

#2 Lahan Menanam Rumput Jepang

Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan ditanam. Kamu bisa menggali tanah menggunakan cangkul ataupun sekop kecil pada area yang akan ditanami rumput Jepang hingga kedalaman yang cukup atau hingga gembur.

Kemudian, ratakan permukaan tanah, serta singkirkan sisa tanaman, sampah, ataupun batu di area tersebut. Jika dirasa kurang gembur, bisa menggunakan alat seperti garpu untuk menggemurknanya kembali.

#3 Beri Pupuk

Lahan yang sudah disedikan bisa diberikan pupuk di area permukaan tanah. Pupuk apapun bisa untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami rumput Jepang, mulai dari pupuk organik atau cair. Saran, untuk memberikan pupuk dengan rasio perbandingan 2:5 atau sebanyak 2,5 kilogram per 1 meter persegi. Setelah itu, siram tanah yang telah diberikan pupuk agar meresap dengan baik dan biarkan selama 5 hingga 7 hari agar tanah siap digunakan.

#4 Tanam Rumput Jepang

Setelah semua sudah siap, kamu bisa mulai menanam rumput Jepang. Sebelum ditanam, siram bibit rumput Jepang yang akan ditanam agar terhindar dari kotoran yang menempel. Waktu terbaik untuk menanam rumput jepang yaitu pada sore menjelang malam hari agar rumput lebih mudah untuk beradaptasi dan menghindari terkena sinar matahari langsung.

Jangan lupa untuk membuat lubang tanam dengan jarak yang rapat sekitar 10 x 10 cm. Kemudian, tanam bibit rumput Jepang ke dalam lubang, lalu tutup dan ratakan kembali.

#5 Merawat Rumput Jepang

Rawatlah rumput jepang ini dengan baik. Silahkan periksa kondisi rumput Jepang secara berkala dan lakukan penyiraman secara rutin agar proses pertumbuhannya bisa berlangsung secara optimal.

Siramlah rumput Jepang sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Setelah mencapai 2 minggu menanam, silakan gunakan pupuk urea dengan dosis ½ kilogram untuk lahan per 10 meter persegi dan setelah umurnya mencapai 1 ½ bulan, silahkan pakai pupuk TSP dengan dosis yang sama.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: