Menu Buka Puasa Lezat dan Bergizi, Coba Yuk!

Menu Buka Puasa – Waktu buka puasa begitu dinantikan pada bulan Ramadhan ini. Rasa haus dan lapar membuat kita ingin menikmati makanan dan minuman yang lezat usai berpuasa. Memang boleh menikmati menu buka puasa yang lezat, namun juga harus di perhatikan asupan gizi agar tubuh tetap sehat.

Nah, buat kalian yang bingung ingin menyajikan menu buka puasa apa, yuk simak penjelasan berikut ini!

#1 Kukus Ikan Tuna

Saat ini masyarakat sudah memperhatikan kesehatan dengan mengurangi konsumsi daging merah. Nah, kamu bisa menggantinya dengan ikan tuna sebagai sumber protein harian. Ikan tuna mengandung vitamin B dan asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Cara memasak kukus ikan tuna:

  1. Siapkan bahan seperti ikan tuna, daun bawang secukupnya, 1 ruas jahe, 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 batang serai, 2 lembar daun salam, dan cabe rawit sesuai selera.
  2. Siapkan juga bumbunya seperti minyak wijen, kecap asin, dan saus tiram.
  3. Lumuri ikan tuna dengan garam dan jeruk untuk menghilangkan baunya.
  4. Kemudian, masukkan semua bahan dan bumbu ke dalam wadah tahan panas.
  5. Setelah itu, kukus menggunakan dandang sekitar 30 menit.
#2 Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu

Ikan bakar juga termasuk menu buka puasa yang sehat. Ikan kabar yang dipadukan dengan bumbu gurih dibakar hingga matang. Kemudian, ditambah dengan sambal dabu-dabu tampak segar . Pastinya enak disantap dengan nasi hangat.

Cara membuat ikan bakar sambal dabu-dabu:

  1. Siapkan bahan seperti 2 ekor ikan kuwe, 1 sdt garam,1/2 sdt merica bubuk,1 sdm kaldu jamur,2 sdm air jeruk nipis,
  2. Untuk Bumbu Halus siapkan,10 butir bawang merah,5 siung bawang putih5 butir kemiri,3 cm kunyit,1 sdm ketumbar,
  3. Siapkan bahan Sambal Dabu-dabu: 5 butir bawang merah, iris tipis,5 buah tomat hijau, cincang,1 buah tomat merah, cincang,10 buah cabe rawit hijau, iris kasar,10 buah cabe rawit merah, iris kasar,daun kemangi,garam,kaldu jamur,air jeruk nipis,minyak panas.
  4. Siangi ikan kue dan belah membujur hingga melebar. Kerat salah satu sisi badannya. Perciki dengan air jeruk nipis dan sisihkan.
  5. Bumbu Halus: Giling semua bahan bumbu.
  6. Tambahkan merica, garam, kaldu jamur dan air jeruk nipis, aduk rata.
  7. Lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu halus hingga rata.
  8. Panaskan panggangan besi, panggang ikan hingga kedua sisinya kecokelatan, kering dan matang lalu angkat.
  9. Sambal Dabu-dabu: Aduk semua bahan sambal hingga rata.
  10. Tambahkan daun kemangi, garam, kaldu jamur dan air jeruk nipis.
  11. Terakhir tuangi minyak pans, aduk sebentar dan diamkan beberapa saat sebelum disajikan.
#3 Macaroni Schotel Panggang

Biasanya, anak-anak rewel ketika diberikan menu sayuran, padahal sayuran memiliki serat yang baik untuk tubuh. Nah, kamu bisa mencoba untuk membuat menu buka puasa macaroni schotel panggang. Menu ini memiliki rasa gurih dan creamy. Menu ini memiliki kandungan gizi seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Macaroni yang bisa dipakai menggunakan makaroni yang panjang lurus atau melengkung. Macaroni dimasak dengan susu, keju, telur, dan rempah-rempah. Menu ini dipanggang hingga garing bagian luarnya. Untuk isiannya bisa disesuaikan dengan selera seperti daging asap dan brokoli cincang.

#4 Salad Buah

Ada beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi makanan berat di malam hari. Jika kamu termasuk di dalamnya , maka kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi salad buah.

Salad buah ini dipadukan dengan yagurt. Untuk buahnya bisa disesuaikan dengan seleramu. Secara umum, buah mengandung air, serat, dan aneka vitamin. Sedangkan yogurtnya mengandung probiotik yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: