Perhatikan Panduan Membuat Surat Jual Beli Ini Agar Tidak Salah

surat jual beli

Surat Jual Beli – Di dalam dunia bisnis , pasti ada sebuah transaksi yang mengharuskan kedua belah pihak untuk membuat suatu penjanjian didalamnya . Misal pada transaksi jual beli tanah , sewa-menyewa, meminjam uang , dan lain-lain .Sebelumnya yang perlu kalian ketahui adalah apa sih surat perjanjian jual beli itu ? Apasaja isinya yang tertera disurat itu ? Jika belum , maka disini saya akan menjelaskan pengertian dari surat perjanjian jual beli dan paduan dalam pembuatannya

Pengertian

Surat perjanjian jual beli adalah surat yang dibuat pihak penjual dan pihak pembeli yang berisi kesepakatan mengenai jual beli. Pihak penjual sepakat untuk memenuhi kewajibannya menyerahkan barang tertentu dan berhak memperoleh imbalan uang tertentu . Pembeli sepakat untuk melaksanakan kewajiban menyerahkan uang tertentu dan berhak menerima barang tertentu pula.

Tujuan

Surat ini berfungsi sebagai sebuah bukti yang outentik bahwa terdapat pihak-pihak tertentu yang telah melakukan sebuah kesepakatan atau perjanjian. Dengan demikian , diantara keduanya tidak dapat memalsukan hal apapun jika suatu hari ada masalah di dalam transaksi jual belinya .

surat jual beli

Panduan

Secara teknis ,di dalam surat harus memuat hal-hal berikut ini ;

  1. Identitas lengkap kedua belah pihak ,
  2. Deskripsi atau gamabran tanah , meliputi ; Letak tanah dalam bentuk alamat., Luas tanah dalam bentuk meter persegi, Batas tanah (empat arah penjuru angin), Status kepemilikan, Nomor surat tanah , Harga tanah sesuai kesepakatan .
  3. Pencantuman jaminan dan identitas saksi..
  4. Cara dan batas waktu pembayaran.
  5. Kesepakatan penyelesaian masalah jika terjadi perselisihan.

surat jual beli

Berikut ini kami berikan satu contoh surat perjanjian jual beli tanah, silahkan dipahami dengan baik.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Indah Permata
Tempat/ tgl lahir : Madiun/ 26 Juni 1993
Alamat : Jalan. Sosrokartono Suroepati No. 30 Madiun
Pekerjaan : PNS

Yang selanjutnya dalam surat perjanjian jual beli tanah ini disebut sebagai penjual.

Nama : Nur Laila
Tempat/ tgl lahir : Madiun/ 1 Mei 1997
Alamat : Jalan. Sejahtera gg Cempaka 3No. 21 Madiun
Pekerjaan : Perawat

Untuk selanjutnya sebagai pihak pembeli.

Dari kedua belah pihak tersebut telah menyepakati untuk melakukan jual beli tanah dengan luas 5400m tercatat atas nama Laili Muna. Adapun batas-batas tanah tersebut, yaitu sebagai berikut:

Sebelah Barat dan Utara berbatasan dengan tanah milik Ibu Rahmayanti

Sebelah Selatan dan Timur berbatas dengan tanah milik Ibu Dewi Hartatik

Perjanjian ini bisa dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut ini:

Pasal 1

Dari pihak penjual menjaminkan bahwa tanah tersebut merupakan milik dari pihak penjual dan tidak sedang disewakan kepada pihak ketiga.

Pasal 2

Dari kedua belah pihak melakukan jual beli tanah dengan harga Rp. 360.000.000, pembayaran dilakukan secara tunai dan tanpa melalui perantara.

Pasal 3

Pihak penjual akan meberikan sebidang tanah tersebut kepada pihak pembeli berserta dengan kelengkapannya pada tanggal 5 September 2019.

Pasal 4

Untuk semua biaya pengalihan sepenuhnya di limpahkan oleh pihak pembeli.

Pasal 5

Pihak pembeli berkewajiban membayar pajak atau pembayaran jika terjadi pengalihan hak atas jual beli tanah.

Pasal 6

Hal-hal lain yang belum tercantum dalam surat perjanjian ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan atau dirundingkan melalui jalan musyawarah untuk mufakat dari kedua belah pihak.

Pasal 7

Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak maka dari itu kami akan membawa maslah ini ke proses hukum pengadilan negeri kudus.

Demikian surat perjanjian jual beli ini kami buat berdasarkan dari kesepakatan dan persetujuan jual beli dari kedua belah pihak.

Madiun, 5 Agustus 2015
           Pihak Penjual                                                                                                Pihak Pembeli

Tandatangan dan materai                                                                                              Tandatangan dan materai

( Indah Permata )                                                                                                                 ( Nur Laila )

Saksi 1                                                                                                                               Saksi 2

( H. Ahlan )                                                                                                                         ( Sumantri )

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: