Syarat Pembuatan Sertifikat Tanah yang Wajib Anda Tahu

syarat membuat sertifikat tanah

Syarat membuat sertifikat tanah – merupakan hal yang harus anda tahu. Untuk itu anda disarankan untuk memiliki sertifikat tanah terhadap tempat yang anda tinggali.

Karena sertifikat tanah ,merupakan hal yang paling penting untuk anda. Jikan anda tidak mempunyai tanda kepemilikan rumah anda akan memiliki kepastian hukum. Itu juga akan berpengaruh pada nilai rumah anda.

Jika sewaktu-waktu anda ingin menjual rumah yang anda miliki, maka itu akan berkaitan dengan sertifikat rumah anda. Jika tanda tidak mempunyai sertifikat tanah tersebut, kemungkinan akan sulit untuk anda menjualnya, dan akan berpengaruh pada nilai harga tanah.

Ada beberapa jenis sertifikat tanah, yaitu Sertifikat Hak Milik (SHM), Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Guna Bangunan (HGB). Nah untuk SHM disini disediakan untuk warga indonesia. Untuk HGU dan HGB itu bisa dimiliki oleh warga asing tetapi ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

Berikut akan saya berikan mengenai syarat membuat sertifikat tanah:

Membuat sertifikat tanah sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi memang memerlukan waktu yang lumayan lama sih.

Dan dalam hal ini sedikit menguji kesabaran anda, bersabarlah dalam melakukan hal apapun itu. Sebisa mungkin anda harus melakukannya sendiri jika anda ingin membuat sertifikat tanah.

Jangan menyuruh orang lain untuk membuatnya, lakukanlah sendiri agar anda mengetahui bagaimana sih cara pembuatannya, dan dalam hal ini anda juga bisa menjadikan sebagai pengalamn anda.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

#1 Mempersiapkan Surat-surat

Dalam hal ini pastikan anda mempersiapkan surat-surat yang termasuk dalam syarat. Berikut yang termasuk ke dalam syarat:

  • Surat kepemilikan tanah
  • Foto kopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)
  • Membawa PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), dan SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang)
  • Membawa SHGB
  • Foto kopi IMB

#2 Datanglah ke Kantor BPN

Selanjutnya anda perlu mendatangi kantor PBN untuk menyesuaikan area tanah anda terlebih dahulu. Setelah mendatangi kantor PBN kemudian carilah formulir pendaftaran. Anda harus membelinya ya formulir yang sudah tersedia disana.

Kemudian anda akan mendapatkan map berwarna biru dan kuning, kemudian buatlah suatu perjanjian dengan petugas kapan akan dilakukan pengukuran tanah.

#3 Pencetak Sertifikat Tanah Hak Milik

Nantinya anda akan mendapatkan bukti surat ukur tanah setelah melakukan pengukuran tanah. Kemudian anda berikan surat-surat yang sudah ada.

Lalu anda hanya perlu menunggu selesai hingga dikeluarkannya surat ketetapan. Sambil menunggu kapan sertifikat tanah hak milik anda selesai nantinya anda akan dikenakan BPHTB.

Kemungkinan anda akan akan menunggu paling cepat 6 bulan. Kadangkala anda harus menunggu sampai 1 tahun dan itu juga terkadang lebih dari 1 tahun. Nah untuk itu anda jangan hanya menunggu pemberitahuan bahwa sertifikat anda selesai, anda juga harus menenyakan kapan sertifikat anda akan selesai.

Dalam membuat sertifikat anda tidak hanya bisa melakukan di BPN, tetapi anda juga bisa melakukannya di PPAT (Pejabat Pembuatan Akta Tanah). Tetapi jika anda membuat sertifikat melalui PPAT ini, kemungkinan anda akan membayar biaya lebih banyak dari pada membuat sertifikat di BPN.

Seperti yang saya bicarakan tadi, usahakan anda membuatnya sendiri ya jangan meminta bantuan orang lain apalagi orang yang baru anda kenal, karena beda orang beda sifat. Jadi jangan gampang percaya oleh omongan orang yaa.

Itu saja ya penjelasan dari saya mengenai syarat pembuatan sertifikat tanah. Dengan anda mempelajari dan memahami mengenai syarat pembuatan sertifikat tanah, tentunya anda harus melakukannya sendiri dan jangan meminta bantuan kepada orang yang baru anda kenal ya..

Dengan anda melakukannya senidiri, anda juga akan mengatahui seperti apa sih, bagaimana sih. Setelah anda mengetahui itu akan menjadi manfaat dan pengalaman untuk anda juga. Selamat mencoba…

You May Also Like

About the Author: Nadile Selviana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: