Tips Hitung Luas Bangunan yang Benar!

Hitung Luas Bangunan- Banyak orang yang tidak tahu berapa besar luas bangunannya lantaran dalam kehidupan sehari-hari angka tersebut tidak dibutuhkan. Tapi, kamu juga perlu mengetahuinya untuk menentukan nilai jual rumah dan besar PBB, serta untuk mempertimbangkan budget dan ukuran furnitur ketika mengadakan renovasi. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu tahu luas bangunan saat hendak membeli rumah baru.

Menghitung luas bangunan tidak sulit, hanya dengan rumus dalam hitung luas bangunan tersebut. Selain menggunakan rumus, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui besaran tanah. Simak ulasannya berikut ini.

#1 Menggunakan Rumus Matematika

Pertama, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu bentuk tanah tersebut. Dengan mengetahui bentuk tanah tersebut, memudahkan kamu rumus mana yang akan kamu gunakan. Untuk tanah bentuk persegi panjang, gunakan rumus Panjang x Lebar. Sementara itu, untuk tanah berbentuk persegi, gunakan rumus Sisi x Sisi. Patokannya hanya sisi pada tanah saja, tidak termasuk tinggi bangunan karena yang dihitung bukanlah volume bangunan.

Contoh, tanahmu panjangnya  7 meter dan lebarnya 10 meter. Maka, cara menghitung luas bangunan yang benar adalah 7 meter x 10 meter = 70 meter persegi. Tetapi, kalau rumahmu terdiri dari dua lantai atau lebih, maka hitunglah luas masing-masing lantai terlebih dahulu. Kemudian jumlahkan keduanya.

#2 Menggunakan Microsoft Excel

Yang kita ketahui Excel digunakan untuk menghitung uang serta stok barang. Namun, siapa sangka kalau program aplikasi pengolah angka ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghitung luas bangunan. Caranya, pertama kamu harus menjiplak denah bangunan rumah dengan ketentuan satu kolom mewakili 1 meter.

Kemudian, hitunglah setiap panjang dan lebar bangunan menggunakan rumus =SUM. Setelah mendapatkannya, hitung dengan rumus sel*sel. Misalnya angka panjang ada di R4 dan angka lebar di R5, maka ketik R4*R5. Jika sudah, kamu akan mendapatkan luas bangunan yang benar.

#3 Menggunakan Google Maps

Ternyata, Google maps juga bisa digunakan untuk berhitung. Menghitung luas bangunan menggunakan Google Maps sangat mudah sekali. Caranya, bukalah Google Maps melalui penelusur web, kemudian klik pilihan “Satellite” di bagian kiri bawah sehingga tampilannya menjadi satellite view dan kamu bisa melihat kondisi tanah.

Setalah itu, masukkan alamat lokasi yang akan diukur pada kotak pencarian, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih opsi “Measure Distance”. Jika sudah, klik beberapa titik di sekeliling lahan. Akhiri titik-titik tersebut pada titik awal sehingga semuanya terhubung. Secara otomatis akan muncul luas lahan yang telah kamu tandai tadi.

#4 Menggunakan AutoCAD

Kamu bisa menggunakan software AutoCAD jika ingin mengetahui luas bangunan rumah dengan sangat detail. Namun, perhitungan menggunakan software ini harus dilakukan oleh tenaga profesional. Karena, denah bangunan yang akan dihitung harus digambar terlebih dahulu dengan akurat dan tanpa lekukan.

Setelah itu, klik garis hingga berubah jadi garis putus-putus. Lalu, gunakan perintah “polyline” atau “PL”. Buatlah garis yang mengelilingi bangunan, kemudian klik garis tersebut. Selanjutnya, gunakan perintah “list” atau “LI”. Nanti akan terbuka jendela baru yang menampilkan luas bangunan beserta titik koordinat bangunan.

 

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: