Simak Tips Membeli Rumah Bekas Berikut Agar Anda Tidak Kecolongan

tips membeli rumah bekas

Rumah merupakan kebutuhan pokok sebagai tempat tinggal untuk dihuni oleh seluruh anggota keluarga tercinta. Sayangnya membangun rumah sendiri membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga banyak orang lebih memilih membeli rumah melalui pengembang perumahan.

Selain bisa dicicil membeli rumah melalui pengembang atau developer perumahan juga bisa menghemat tenaga dan pikiran anda. Karena pekerjaan pembangunan rumah ditanggung oleh developer perumahan tersebut.

Namun jika anda bersikeras ingin memiliki rumah sendiri disebuah lokasi tertentu yang belum terjangkau oleh pengembang perumahan, maka pilihan terbaiknya adalah membeli rumah bekas.

Tentu saja membeli rumah bekas tidak bisa disamakan dengan membangun rumah sendiri dari awal atau dengan membeli melalui pengembang perumahan. Rumah bekas yang akan anda beli tentu saja sudah ada wujudnya, sehingga sebelum anda benar benar yakin membelinya anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Membeli Rumah Bekas

#1 Transaksi Langsung Dengan Pemiliknya

Tips membeli rumah bekas yang pertama harus anda perhatikan adalah memastikan transaksi jual beli rumah dengan pemiliknya langsung. Hal ini perlu untuk dilakukan agar anda mendapatkan informasi sebenarnya mengenai kondisi rumah beserta harga awal yang ditawarkan.

Dari informasi yang diberikan si pemilik rumah kepada anda, baru anda bisa melakukan penawaran sesuai dengan taksiran harga sesuai dengan kemampuan kantong anda. Anda juga dapat mengetahui asal usul rumah tersebut lengkap dengan suratsurat berharga semacam sertifikat dan tanda bukti bayar pajak.

#2 Menggunakan Jasa Broker Terpercaya

Jika memang terpaksa menggunakan jasa broker atau makelar atau agen properti, pilihlah agen yang terpercaya serta amanah. Jika diperlukan buat surat perjanjian terlebih dahulu mengenai komisi yang hendak diberikan nantinya jika rumah bekas berhasil anda miliki.

Menggunakan jasa broker terpercaya juga akan menguntungkan diri anda pribadi oleh karena itu pastikan anda benar benar selektif dalam memilih broker.

#3 Mengetahui Kualitas Suatu Bangunan

Kualitas bangunan rumah akan mempengaruhi harga jual beli anda. Anda bisa tanyakan kapan terakhir kali rumah tersebut di renovasi atau mengalami perbaikan.

Anda harus tahu kualiatas bangunan rumah yang akan anda beli, anda bisa meminta biaya tambahan untuk renovasi. Tidak banyak rumah bekas yang masih sempurna atau bagus.

#4 Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Tips membeli rumah bekas yang tak kalah pentingnya adalah lingkungan sekitar rumah yang harus mendukung sebagai tempat tinggal atau hunian bersama keluarga tercinta. Lingkungan yang baik dan berkualitas adalah lingkungan yang dapat mendukung kegiatan sehari hari anda bersama keluarga anda.

Keamanan lingkungan juga sangat penting terkait dengan keamanan anda bersama keluarga tercinta. Anda perlu memastikan kepada pemilik rumah atau kepada tetangga sekitar apakah daerah tersebut aman atau rawan.

Perhatikan juga akses jalan menuju rumah tersebut, pastikan pilihan anda sesuai dengan kendaraan yang anda miliki jangan sampai anda memilih tempat yang hanya bisa dilalui roda dua sedangkan sehari hari anda menggunakan kendaraan roda empat.

#5 Ketahui Harga Pasaran Rumah

Mengetahui harga pasaran sebuah rumah dengan luas tanah serta luas bangunan tertentu juga perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penawaran kepada pemilik rumah. Anda bisa browsing di internet dengan kata kunci “harga rumah di daerah…..” atau “harga tanah di daerah ….” agar bisa mendapatkan informasi awal mengenai harga pasaran rumah yang akan anda beli.

Anda juga bisa bertanyatanya terlebih dahulu kepada para broker atau marketing pengembang perumahan yang memang biasa bergelut dengan masalah properti.

Tips membeli rumah bekas ini menjadi penting untuk diketahui agar anda tidak salah dalam melakukan penawaran serta bisa menyesuaikan kemampuan pribadi dengan jenis rumah bekas yang akan dibeli.

#6 Diskusikan Bersama Keluarga

Langkah terakhir dari tips membeli rumah bekas ini adalah mendiskusikan bersama keluarga tercinta, tanyakan baik baik apakah anggota keluarga anda cocok dengan pilihan anda. Mendiskusikan masalah ini sangat penting untuk dilakukan sebelum anda mengambil keputusan membeli rumah bekas.

Kesimpulan

Rumah merupakan tempat untuk istirahat setelah anda menyelesaikan rutinitas sehari hari, juga sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga menghabiskan waktu di waktu luang dan disaat libur. Sehingga penting untuk benar benar memilih rumah yang tepat serta layak huni.

You May Also Like

About the Author: Sisilia Harfiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: