Tips Mencuci Pakaian Agar Wanginya Awet!

Tips Mencuci Pakaian – Mencuci pakaian dianggap remeh oleh bagian orang. Apalagi dijaman modern ini hadir mesin cuci yang mempermudah seseorang dalam mencuci pakaian. Tetapi seringkali hasil cucian tidak maksimal dan membuat pakaian mulai menguning dan gampang rusak. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu harus mengetahui cara mencuci baju yang baik dan benar supaya pakaianmu tetap awet dan wangi.

Maupun mencuci menggunakan tangan atau mesin, cara mencuci baju harus diperhatikan juga , khususnya untuk beberapa jenis bahan pakaian terntentu. Nah, berikut ini penjelasan mengenai cara mencuci baju yang benar. Yuk simak tipsnya!

Tips Mencuci Pakaian

#1 Menggunakan Air Dingin

Gunakan air dingin ketika mencuci pakaian agar pakaianmu bisa awet dan tahan lama. Hindari menggunakan air panas atau hangat yang justru dapat merusak serat kain dan membuat pakaian cepat rusak. Kecuali untuk jenis pakaian dalam yang memang bisa menggunakan air panas untuk membunuh kuman dan bakteri. Jika kamu mencuci menggunakan air dari tangki penampungan di siang hari, pastikan jika suhunya sudah dingin sebelum merendam pakaian.

#2 Direndam Sebelum di Cuci

Banyak orangg yang mencuci baju tanpa direndam, justru ini salah dan tidak boleh dilakukan. Cara mencuci pakaian yang baik adalah dengan merendamnya di dalam larutan air dan deterjen selama 30-40 menit. Namun perlu diingat agar tidak merendam pakaian terlalu lama yang dapat membuatnya menjadi apek dan berbau. Proses perendaman pakaian ini bertujuan untuk melepas kotoran dan noda yang menempel sehingga kamu tidak perlu menyikatnya terlalu kuat. Kamu juga bisa menambahkan vanish cair bersama dengan satu takaran deterjen untuk menghilangkan noda membandel.

#3 Memisahkan Baju Putih

Disetiap bungkus deterjen terdapat cara mencuci baju putih yang harus dipisahkan dengan pakaian berwarna.Hal ini bertujuan untuk menjaga warna baju putih agar tidak terkontaminasi dengan zat pewarna yang mungkin luntur ketika mencuci dari pakaian lainnya. Khususnya jika kamu akan mencuci jenis pakaian dengan pewarna alami seperti batik.

#4 Mencuci Baju pakai Sampo

Jika kamu memiliki koleksi pakaian mahal dan takut mencuci sendiri karena bahannya yang rapuh, cobalah menggunakan sampo sebagai pengganti deterjen ketika mencuci. Berbeda dengan deterjen yang memiliki bahan kimia keras yang mudah merusak serat kain, kandungan sampo relatif lebih ramah dan lembut untuk pakaian mahal. Dijamin pakaianmu tidak rusak dan bersih.

#5 Menggunakan Deterjen Bayi

Kamu juga perlu memperhatikan cara mencuci pakaian bayi. Kulit bayi yang sangat sensitif lebih mudah terkena iritasi jika menggunakan deterjen biasa. Solusinya bisa kamu ganti dengan memilih deterjen rinso gentle powder yang sudah terbukti hipoalergenik untuk si kecil. Deterjen ini juga cocok digunakan untuk pakaian mahal atau yang memiliki bahan seperti wol dan sutra.

#6 Memutihkan Pakaian dengan Aspirin

Kita terlalu sering menggunakan cairan pemutih sebagai alternatif untuk menghilangkan noda membandel yang ada di baju putih. Padahal kebanyakan cairan pemutih yang ada di pasaran justru bisa merusak pakaian dan membuat warnanya menguning setelah beberapa kali dicuci.

Sebagai solusinya kamu bisa mencoba menggunakan obat penahan rasa sakit aspirin untuk memutihkan pakaian. Cara mencuci baju putih supaya tetap cemerlang bisa dengan menambahkan beberapa butir aspirin ke dalam mesin cuci. Kandungan salicylic acid dalam aspirin ini sangat ampuh memutihkan pakaian tanpa merusak bahan kainnya.

#7 Menggunakan Pelembut Pakaian

Mencuci pakaian dengan menambahkan cairan pelembut dan pewangi di bilasan terakhir sudah menjadi kebiasaan setiap orang. Misalnya menggunakan cairan downy yang bisa melembutkan pakaian serta memberikan kesegaran parfum premium tahan lama hingga 3 minggu. Dengan menggunakan downy ini membuat pakaian jadi lebih mudah disetrika dan senantiasa wangi!

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: