Tips Menentukan Produk yang Tepat Untuk Bisnis Online

Sebelum memulai sebuah bisnis online, perlulah kiranya anda menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dipasarkan secara online. Tentu saja diperlakukan analisis produk sebelum mengambil keputusan memilih satu produk yang akan dipasarkan.

Tahapan analisis produk ini sering kali dikesampingkan oleh para pelaku bisnis, baik skala kecil ataupun skala besar. Padahal analisis produk sangatlah penting guna meraih keuntungan yang maksimal selama kegiatan pemasaran dilakukan.

Bagaimana tips menentukan produk yang bisa mendongkrak pemasaran dan menghasilkan keuntungan bagi pebisnis. Simak tips berikut ini.

Tips Menentukan Produk yang Tepat

#1 Menentukan Posisi Diri

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah posisi Anda saat menjalankan bisnis online. Apakah Anda hanya ingin menjadi penjual, atau juga menjadi produsen.

Tentukan pilihan Anda berdasarkan keinginan dan kemampuan Anda. Jika Anda tidak bisa membuat produk sendiri maka Anda bisa memilih untuk hanya menjadi penjual.

Namun, jika Anda bisa membuat produk Anda sendiri maka menjual produk sendiri juga tidak masalah. Kedua posisi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

  • Menjual Produk Sendiri

tips menentukan produk

Jika Anda memilih untuk menjadi penjual dan produsen itu artinya Anda harus membuat produk Anda sendiri. Mulai dari memilih bahan baku, proses pembuatan, sampai dengan penjualan produk.

Dengan menjual produk sendiri Anda bisa menentukan arah bisnis sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda bisa membuat brand atau membuat produk tanpa merek untuk dijual kembali oleh reseller.

Tetapi, untuk membuat produk Anda sendiri maka Anda harus bisa menentukan sumber bahan baku yang tepat. Hal ini bertujuan agar produk Anda bisa memiliki kualitas yang baik dan terpercaya.

  • Menjual Produk Orang Lain

tips menentukan produk

Jika Anda memilih hanya sebagai penjual maka Anda tidak perlu memikirkan masalah bahan baku atapun pembuatan produk. Karena tugas Anda hanya untuk menjual barang yang diproduksi oleh orang lain.

Posisi ini biasanya disebut sebagai reseller atau dropshipper. Namun, jika Anda ingin menjadi reseller, jadilah reseller yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah jangan lupa untuk mengecek kualitas barang sebelum memberikannya kepada konsumen. Jangan sampai barang yang Anda berikan kepada konsumen memiliki kekurangan atau tidak sesuai dengan keinginan.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi reseller yang dapat dipercaya oleh konsumen. Dan karena Anda sudah bisa dipercaya maka kemungkinan konsumen akan kembali untuk membeli produk yang Anda jual.

#2 Perhatikan Beberapa Faktor untuk Memilih Produk yang Tepat

Untuk memilih produk yang tepat Anda harus memerhatikan beberapa hal.

  • Jumlah Permintaan

Tips Menentukan Produk

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah jumlah permintaan akan barang. Karena, tugas kita adalah menjual barang yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

Pilihlah barang dengan jumlah permintaan yang cukup tinggi. Karena, dengan jumlah permintaan yang cukup tinggi otomatis barang yang harus disediakan juga harus seimbang.

Namun, biasanya permintaan yang tinggi bisa menyebabkan tingkat persaingan juga tinggi. Baik dalam harga maupun kualitas barang yang dijual.

  • Tingkat Persaingan

Tips Menentukan Produk

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jumlah permintaan yang tinggi akan membuat tingkat persaingan juga tinggi. Jadi, Anda juga harus mengukur kemampuan Anda dalam bersaing.

Sebelum bersaing dalam dunia bisnis, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Apakah produk Anda memiliki kualistas yang cukup baik untuk bersaing?

Anda juga harus memiliki alasan yang tepat, kenapa konsumen harus membeli produk Anda? Apa keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen jika berbelanja online kepada Anda?

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah penentuan harga yang kompetitif. Namun jangan sampai karena ingin laku Anda menentukan harga yang sangat rendah apalagi sampai rugi.

Untuk apa berbisnis jika tidak mendapatkan keuntungan? Karena tujuan utama berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan.

  • Menemukan Hal Unik

Cobalah untuk mencari sesuatu yang unik walaupun cukup sulit. Fokuslah pada keahlian yang Anda miliki dan kesulitan yang Anda hadapi.

Daripada fokus pada sesuatu yang mudah dan akan mudah pula untuk ditiru. Lebih baik mencoba sesuatu yang sulit tapi juga sulit untuk ditiru.

Karena, jika Anda hanya fokus pada sesuatu yang mudah maka persaingannya pun juga banyak. Tapi dengan mencoba sesuatu yang sulit maka persaingannya juga akan lebih sedikit karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya.

  • Tawarkan Sesuatu yang Bernilai

Jika Anda ingin berbisnis online maka pastikan bahwa Anda memiliki sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan. Anda juga harus bisa membuat konsumen tertarik dan merasa kalu produk Anda lebih baik.

Buktikan bahwa produk Anda dapat memuaskan keinginan konsumen. Ciptakan kualitas yang baik agar produk Anda menjadi lebih bernilai.

#3 Menentukan Jenis Produk

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas barulah Anda bisa menentukan jenis barang yang akan Anda jual. Misalnya Anda akan menjual jenis barang yang sedang tren, kebutuhan umum, atau jenis lainnya.

Jika Anda memilih untuk menjual barang yang sedang tren akan cukup menguntungkan. Karena kebiasaan orang Indonesia yang suka membeli barang yang sedang populer.

Memilih produk yang merupakan kebutuhan umum atau kebutuhan primer juga sangat menguntungkan. Karena setiap orang pasti membutuhkannya dan sangat memungkinkan untuk membeli produk tersebut berulang kali.

Menjual barang berdasarkan hobi juga bisa dijadikan rekomendasi. Karena selain Anda lebih menguasai tentang barang tersebut, tingkat persaingannya juga tidak terlalu tinggi.

Contoh lainnya adalah berjualan produk berdasarkan musim yang tentunya memiliki keuntungan yang menjanjikan. Namun, waktunya tidak terlalu lama, sehingga lebih cocok untuk Anda yang suka berganti-ganti produk untuk dijual.

Nah, itulah beberapa tips menentukan produk untuk bisnis online yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: selykurniasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: