Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Tips Mengatur Keuangan – Kita tidak boleh sembarangan dalam mengatur keuangan pribadi. Cara mengatur keuangan sangat berpengaruh untuk menentukan kondisi ekonomi seseorang.

Banyak orang dengan penghasilan rendah namun memiliki kondisi ekonomi yang baik, karena dapat mengelola keuangannya dengan baik. Banyak juga orang dengan penghasilan tinggi namun kondisi ekonominya buruk, karena cara mengatur keuangan yang salah.

Bagaimana tips agar kita bisa mengatur keuangan pribadi dengan tepat? Simak caranya berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan

#1 Membuat Rencana Keuangan

Tips Mengatur Keuangan

Membuat rencana keuangan bertujuan untuk membantu mengatur pengeluaran. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya pengeluaran yang berlebih.

Saat membuat rencana pengeluaran Anda harus menyesuaikan antara penghasilan dan pengeluaran. Utamakan kebutuhan Anda terlebih dahulu, mulai dari yang paling mendesak sampai yang tidak mendesak.

Setelah itu, barulah Anda mencatat keinginan Anda. Namun, jangan terlalu mengutamakan keinginan, karena hal ini masih bisa ditunda.

Jika Anda akan memenuhi keinginan usahakan untuk melakukannya di saat Anda tidak memiliki banyak pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan baik.

Saat Anda akan membeli barang kebutuhan pun usahakan untuk sesuai dengan rencana pengeluaran Anda. Jika tidak, maka catatan pengeluaran Anda akan menjadi percuma.

Selain itu, Anda juga harus berusaha untuk tidak mengunakan semua penghasilan Anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kebutuhan mendadak.

#2 Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Tips Mengatur Keuangan

Selain membuat rencana pengeluaran, Anda juga harus membuat catatan setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah setiap pengeluaran tersebut sesuai dengan rencana atau tidak.

Anda juga bisa melihat apakah harga barang yang Anda beli sesuai dengan yang Anda catat dalam rencana pengeluaran. Jika tidak sesuai, Anda bisa memperbaikinya saat membuat rencana keuangan selanjutnya.

Di setiap akhir bulan Anda bisa menghitung apakah pengeluaran Anda lebih kecil dari pemasukan atau sebaliknya. Jika pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan berarti Anda sudah berhasil mengatur keuangan Anda.

Namun, jika pengeluaran lebih besar dari pemasukan, berarti Anda masih belum berhasil mengelola keuangan dengan baik. Jadi, Anda bisa belajar dari pengalaman sebelumnya untuk memperbaiki dalam mengatur keuangan selanjutnya.

#3 Memanfaatkan Diskon atau Promo

Tips Mengatur Keuangan

Usahakan untuk memanfaatkan setiap diskon atau promo yang ada. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir biaya yang Anda keluarkan.

Hal ini juga bisa membantu Anda untuk mencegah kemungkinan pengeluaran yang melebihi pendapatan. Sehingga, Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung.

#4 Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja berarti mencatat setiap kebutuhan yang akan Anda beli. Jadi, setiap akan membeli barang kebutuhan Anda, buatlah daftar belanja terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa memikirkan secara matang barang apa yang akan Anda beli. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya pengeluaran diluar rencana atau diluar kebutuhan.

Misalnya, jika Anda tidak membuat daftar belanja, Anda masih perlu memikirkan barang yang ingin Anda beli saat sudah ada di tempat berbelanja. Saat melihat barang lain yang Anda inginkan Anda akan membelinya walaupun diluar kebutuhan Anda.

Namun, jika Anda membuat daftar belanja, hal-hal tersebut tidak akan terjadi. Saat berada di tempat belanja, Anda hanya perlu membeli barang-barang yang ada di daftar.

#5 Mencari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan akan sangat membantu Anda disaat ada kebutuhan mendadak. Dengan mencari penghasilan tambahan, Anda akan menambah peluang untuk menabung.

Hal ini juga akan sangat membantu disaat Anda memiliki banyak kebutuhan. Sedangkan gaji Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

#6 Biasakan Menabung

Membiasakan diri untuk menabung bukan hanya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki penghasilan saja. Namun, anak-anak yang masih sekolah pun juga harus membiasakan diri untuk menabung.

Walaupun belum memiliki penghasilan sendiri, namun mereka bisa menabung dengan menyisihkan uang saku mereka. Sedangkan untuk yang sudah memiliki penghasilan, Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung.

Menabung sangat penting dan akan membantu Anda jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang harus Anda penuhi diluar perkiraan Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan tabungan Anda untuk memenuhi keinginan Anda.

 

Setelah membaca tips mengatur keuangan ini, mulailah untuk menerapkannya. Dan atur keuangan Anda sendiri dengan cara yang tepat.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan pribadi dengan tepat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: selykurniasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: