Tips Mengisi Kulkas dengan Rapi dan Bersih!

Tips Mengisi Kulkas- Sebel nggak kalau kulkas kita berantakan? Kulkas yang berantakan akan menyulitkan saat mencari bahan makanan yang dibutuhkan, tapi juga terlihat kurang cantik. Parahnya, kulkas yang berantakan ini membuat rusak mood dan hati jadi kacau.

Nah, supaya isi kulkas jadi lebih rapi dan bersih ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Bonusnya, lemari es pun jadi terhindar dari bau-bau tak sedap.

#1 Mengeluarkan Isi Kulkas

Langkah pertama dalam menata isi kulkas yang baik adalah mengeluarkan isi kulkas yang sudah tidak digunakan kembali, seperti botol bekas maupun makanan dan sayuran kadaluarsa. Pastikan semua makanan yang sudah menjadi sampah tersebut sudah selayaknya harus dibuang, dengan ciri-ciri secara kasat mata. Perlu diketahui, sisa makanan kadaluarsa yang membusuk tersebut juga akan berpengaruh terhadap kinerja pendinginan kulkas.

#2 Menggunakan Wadah dan Beri Label

Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar lebih rapi dan tertata cantik. Dengan menggunakan wadah bisa diletakkan secara bersusun dan space di dalam lemari es lebih dimaksimalkan penggunaannya.

Selain itu, penggunaan wadah ini mempermudah kita untuk menemukan bahan makanan yang dibutuhkan, sebaiknya beri label nama pada masing-masingĀ container box. Pemberian tanggal penyimpanan juga bisa dilakukan agar tau bahan mana yang lebih dulu disimpan.

Tidak hanya terlihat rapi, sekalipun kamu bisa mengajarkan si kecil untuk menata kulkas secara mandiri, khususnya cemilan yang ia beli sendiri.

#3 Menggunakan Alas pada Rak Kulkas

Berikan alas dengan bentuk khusus pada masing-masing bagian kulkas untuk menghindari tumpahan cairan atau makanan yang berceceran. Alas pada bagian rak kulkas tersebut akan meningkatkan penampilan sekalipun tampak terlihat lebih bersih. Pastikan alas yang kamu gunakan untuk rak kulkas sebaiknya dengan plastik berstandar food grade.

#4 Digolongkan berdasarkan Jenis Makanan

Untuk menjaga isi kulkas di rumah, tak ada salahnya untuk menggolongkan sesuai dengan jenis makanan yang dibeli. Sebagai contoh, penggolongan makanan seperti daging, ikan, harus berada dalam zona yang berbeda dengan makanan bersifat organik seperti buah dan sayur-sayuran.

#5 Minuman pada Kulkas Samping

Minuman juga harus kamu perhatikan. Penempatan minuman secara teratur merujuk pada penyimpanan minuman literan seperti jus maupun air dingin di kulkas rumah. Pastikan, kompartemen minuman diatur secara sejajar dengan rapi untuk supaya dapat terisi dengan penuh.

#6 Camilan

Untuk camilan, bisa kamu letakkan di bagian khusus camilan yang mudah di jangkau oleh anak-anakmu. Dengan begitu, mereka tidak akan mengganggumu untuk mengambilkan camilannya atau memberantakan kulkasmu.

#7 Menyajikan Makanan dengn Tempat Khusus

Kamu bisa menggunakan tempat seperti Tupperware untuk menyimpan makanan/camilanmu di kulkas. Karena, penggunaan Tupperware akan sangat berpengaruh terhadap aspek estetika maupun kerapian isi kulkas.

#8 Bumbu Dapur Terpisah

Apabila kamu memiliki bumbu dapur yang sudah jadi, tak ada salahnya untuk menyimpannya dalam satu kompartemen sejenis. Kamu pun bisa membeli sebuah alat putar yang berbentuk seperti piring terbalik untuk mengumpulkan berbagai bumbu untuk mempermudah kebutuhan memasak, tanpa harus mencarinya di tempat terpisah.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: