Tips Nabung Uang DP Rumah, Mudah Banget!

DP Rumah – Ada rencana beli rumah baru? JIka iya, kamu harus melewati sejumlah tahapan seperti menabung uang muka atau down payment (DP). Kamu pastinya harus membayar DP terlebih dahulu sebelum membayar cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

Besaran uang muka tersebut biasanya mencapai 10-20% dari harga rumah yang ingin kamu beli sehingga kamu bisa memperkirakan berapa uang yang harus kamu kumpulkan dari sekarang. Bagaimana cara menabung untuk dp rumah yang efektif? Ini dia tipsnya.

 #1 Menyisihkan Uang Gaji dan Bonus Kantor

Jika kamu sudah memiliki penghasilan bulanan, sebaiknya kamu menyisihkan secara rutin untuk menabung DP rumah. Buatlah perencanaan keuangan dan pengaturan pengeluaran. Kamu bisa menggunakan gajimu untuk kebutuhan sehari-hari tapi juga sisihkan untuk menabung uang muka.

Jika kamu sudah terbiasa menyisihkan 10-20% untuk ditabung, kamu bisa menambah nominalnya menjadi 30% agar uang lebih cepat terkumpul. Maka, kamu akan mudah menentukan kapan uang muka tersebut dapat terkumpul jika menabung secara rutin dengan jumlah yang sama setiap bulan.

Selain itu, kamu juga bisa menyisihkan bonus yang kamu dapatkan dari kantor, seperti bonus kinerja, tahunan, atau THR. Letakkan uang tersebut segera di tabunganmmu agar tidak tercampur dengan uang kebutuhan sehari-harimu.

#2 Cari Pekerjaan Sampingan

Kamu juga bisa mencari pekerjaan tambahan untuk mengumpulkan uang muka. Misalnya dengan memanfaatkan hobi fotografi, menulis, atau membuat kerajinan tangan. Tapi, jangan sampai pekerjaan sampinganmu itu mengganggu waktu dan kinerja di kantor. Pilihlah pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan saat akhir pekan atau secara daring agar lebih fleksibel.

#3 Hemat dan Atur Keuangan dengan Baik

Kamu harus bisa berhemat jika sudah memutuskan menabung untuk uang muka. Kelola keuangan kamu dengan baik, jangan membuat pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Jangan sampai kamu membebankan cicilan rumahmu di kemudian hari karena kondisi keuanganmu tidak stabil. Maka, gunakanlah uangmu dengan bijak dan jangan boros, ya!

#4 Menjual Barang Tak Terpakai

Jika kamu memiliki barang yang tidak dipakai namun masih layak pakai, kamu bisa menjual barang tersebut. Misalnya barang-barang elektronik, perabot rumah tangga, ataupun barang keperluan pribadi milikmu. Hasil dari penjualan tersebut, bisa kamu tabung untuk dp rumah.

#5 Investasi

Harga properti setiap tahunnya selalu meningkat, selain dengan menabung kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi. Kamu bisa membeli instrumen investasi berupa reksadana atau logam mulia seperti emas yang relatif lebih aman dan menguntungkan. Jangan sampai kamu menaruh uangmu pada investasi yang memiliki resiko besar seperti saham. Kamu akan mengalami kerugian yang cukup besar jika kamu tidak berhati-hati dalam mengelolanya.

Demikianlah tips yang bisa kamu ikuti untuk menabung dp rumah. Sebaiknya, kamu mengumpulkan uang muka yang besar karena hal itu akan berpengaruh pada cicilan yang lebih rendah dan bunga yang lebih baik. Janganlah kamu menunda untuk menabung dp rumah impianmu karena harga properti akan selalu naik setiap tahunnya.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: