Trik Mencuci Karpet Dengan Mudah di Rumah

Untuk mencuci karpet ,kalian tidap perl pergi ke laundry lagi. Kalian bisa melakukannya dengan mudah di rumah jika sdah tahu trik mencuci karpet. Dijamin bersih tanpa noda!

Jika kalian memiliki karpet kotor di rumah dan bingung cara menccinya sampai bersih bisa menggunakan trik ini. Memang mencuci karpet sendiri dirumah lebih berat dibandingkan mencuci karpet di laundry.

Namun, apabila kalian mengikuti langkah-langkah di bawah ini, dijamin proses mencuci karpet kalian tidak akan sesulit yang dibayangkan. Simak penjelasannya hingga selesai!

Trik Mencuci Karpet Tanpa Ribet!

#1. Bersihkan Karpet Sebelum di Cuci

Jika kalian mencuci barang yang penuh deb menggunakan air itu salah. Hal tersebut justru akan meratakan debu atau kotoran yang menempel pada karpet dan membuatnya lebih susah untuk di cuci.

Bersihkan terlebih dahulu karpet yang penuh dengan debu atau kotoran menggunakan pengedot debu atau sapu sikat,juga bisa menggunakan sapu lidi. Yang awalnya debu dan kotoran menempel, maka akan mudah terangkat ketika dicuci menggunakan air.

#2. Cuci Karpet dengan Cara Digantung

Kalian jangan pernah mencuci karpet dengan membantangkannya di lantai. Cara itu akan membuat beberapa spot kotor yang tertinggal karena air bersih tidak mengalir dengan benar. Gantungkan karpet pada tali yang membentang panjang seperti jemuran khusus untuk pakaian berat.

Selain karena menggunakan air bersih yang mengalir dan membersihkan karpet lebih baik, kamu juga tidak perlu kesusahan mengangkat karpet basah dari lantai untuk dijemur setelah selesai. Karpet basah akan sulit diangkat karena berat dan apabila dipaksakan kamu bisa saja merusak jahitannya.

#3. Menggunakan Penyemprot Air

Mencuci karpet di rumah dengan menggunakan penyemprot air agar lebih bersih. Tekanan yang diberikan oleh penyemprot air lebih kuat masuk ke dalam sela-sela karpet. Gunakan sikat yang lembut. Hindari menggunakan sikat dengan bulu keras karena dapat merusak bahan serta permukaan karpet.

#4. Gunakan Sabun Khusus Karpet

Material karpet dibuat berbeda dari baju dan celana yang biasa kita gunakan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membuat cairan pembersih khusus untuk mencuci karpet. Jenisnya juga berbeda tergantung dengan bahan dan material karpet.

Seperti wol,bulu,dan polyester. Tetapi ,jika kamu tidak memiliki sabun cuci karpet khusus, kamu juga bisa menggantikannya dengan sabun bayi. Konsentrasi kimianya lebih rendah dan risiko rsaknya material karpet pun lebih rendah.

#5. Bilas Lebih dari 2X

Setelah karpet digosok secara lembut sampai bersih ke setiap ujungnya, bilas busa sebanyak 2x. Gnakan penyemprot air yang sama. Agar lebih bersih lagi, gosok lagi karpet secara perlahan sampai tidak ada busa yang tersisa pada permukaan karpet. Perhatikan celah-celah kecil seperti sudut jahitan karena di situlah biasanya kotoran berkumpul.

#6. Hindari Menjemur Karpet di Bawah Sinar Matahari

Periksa panas matahari sebelum menjemur karpet. Apabila matahari sedang terik-teriknya, tunggulah beberapa saat sampai sedikit teduh, terutama untuk karpet yang terbuat dari bahan lembut.

Panasnya sinar matahari dapat merusak material karpet dan membuat karpet tersebut menjadi kering. Jika karpet yang kamu cuci berjenis Arabian, masih bisa kalian jemur di bawah sinar matahari.

#7. Berikan Baking Soda

Setelah karpet sudah kering, jangan langsng digulung atau dipanjang di dalam rumah. Taburkan dulu sedikit baking soda pada permukaan karpet agar terhindar dari bau apek. Tunggu hingga 1 menit lalu bersihkan lagi dengan penyedot debu. Jika sudah, karpet rumahmu sudah langsung bisa dipakai.

Demikianlah penjelasan kami mengenai trik mencuci karpet di rumah. Lakukan dengan mudah di rumah dan tentunya tidak perlu mengelarkan biaya laundry. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: