Ukuran Sofa yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Kebutuhan!

Susah menentukan ukuran sofa?

Furnitur seperti sofa memang butuh ketelitian ketika memilih. Apalagi sofa digunakan untuk memberikan kenyamanan dan kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Nah, berikut ini beberapa informasi untuk ukuran sofa sehingga kamu bisa memilihnya sesuai luas ruangan, jumlah anggota keluarga, ataupun kebutuhan lainnya. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

#1 Ukuran Sofa 1 Seater

Sofa ini berukuran kisaran antara 90-140 cm. Model sofa seperti ini cocok untuk solusi space-saving, misalnya di ruang tamu berukuran mungil atau bahkan kamar tidur. Namun, kebanyakan orang tidak memilih sofa single ini karena dinilai lebih bersifat dekoratif.

Ukuran ini tidak hanya untuk ruangan kecil/sempit, tapi juga bisa diletakkan di ruangan yang lebih besar dan untuk berbagai gaya interior. Sofa ini bersifat multifungsi karena selain digunakan untuk duduk, bisa juga dijadikan dekorasi di beberapa spot atau sudut rumah.

#2 Sofa 2 Seater

Ukurannya sangat bervariasi biasanya berkisar rata-rata 145-185 cm. Biasa disebut juga loveseat yang cocok digunakan untuk ruangan berskala kecil atau pas-pasan. Sofa ini juga bisa dipadukan dengan sofa 1 seater, membuat aransemen ruangan akan tampil lebih dinamis.

Namun, tidak ada salahnya juga hanya menggunakan ukuran sofa 2 seater ini di ruangan, baik untuk ruang tamu ataupun di samping area tangga sebagai tempat baca buku yang nyaman.

#3 Sofa 3 Seater

Ukuran sofa 3 seater ini sangat cocok untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Sofa ini berukuran berkisar antara 200-250 cm, tergantung desainnya. Ukurannya yang panjang membuat sofa ini cocok ditempatkan di ruangan yang berukuran sedang atau besar. Bisa juga dikombinasikan dengan sofa ukuran 2 seater agar lebih seimbang.

Sofa ini bisa diletakkan di daerah yang memiliki dinding lebar. Kalau ukurannya tepat, bisa tempatkan sofa tersebut dengan menyisakan sedikit ruang antara bagian belakang sofa dengan dinding.

#4 Sofa 4 Seater

Sofa ini berukuran mencapai hingga tiga meter. Sofa 4 seater ini tidak cocok diletakkan di ruangan yang kecil, seperti apartemen studio dan rumah mungil. Lebih cocoknya ukuran sofa ini diletakkan di rumah berukuran agak luas, terutama untuk ruang keluarga atau ruang tamu. Namun, sayangnya sofa ini jarang digunakan.

#5 Sofa Bed

Sofa bed ini cukup beragam mulai dari ukuran, desain dan warna. Ada desain yang simpel dan tinggal dilebarkan dengan panjang sekitar kurang dari 2 meter dan lebar sekitar 60 cm. Ada pula yang bisa diselonjorkan lebih maksimal dan melewati batas 2 meter.

Sofa bed ini sangat multifungsi dan space-saving. Bukan hanya untuk ruang tamu atau keluarga, sofa ini juga bisa diletakkan di kamar tdiur untuk menampung kebutuhan tamu yang menginap.

Demikianlah beberapa ukuran sofa yang bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan luas ruangan di rumahmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan pantau terus blog kami untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

You May Also Like

About the Author: Devi Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: